Cara Aman Mengemudi Saat Hujan Deras, Penting Nyalakan Lampu dan Jaga Jarak Aman

Tim Redaksi Labviral
Jumat 19 Mei 2023, 16:28 WIB
Tips Aman Mengemudi Saat Hujan Deras, Penting Nyalakan Lampu dan Jaga Jarak Aman (FOTO: Pexels.com)

Tips Aman Mengemudi Saat Hujan Deras, Penting Nyalakan Lampu dan Jaga Jarak Aman (FOTO: Pexels.com)

LABVIRAL.COM - Sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan. Jalanan menjadi lebih licin dan juga guyuran air hujan kadang membuat jarak pandang jadi terbatas.

Namun, musim penghujan bukan berarti membuat aktivitas manusia berhenti. Banyak orang-orang yang harus bepergian saat hujan melanda, entah untuk urusan sekolah, pekerjaan ataupun hal lain yang mendesak.

Nah, buat kamu yang terpaksa harus menyetir mobil saat hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih. Apa saja ya? Berikut uraian dari Suzuki.

Baca Juga: Tips Mengemudi di Jalan Tol, Mau Ngumpulin Supir Pemula Nih!

1. Pastikan kamu merasa nyaman

Kalau kamu sudah merasa tidak nyaman mengemudi ketika hujan, ada baiknya tunda perjalanan atau menunggu hujan reda dulu sebelum akhirnya mengendarai mobil. Tidak ada alasan untuk menempatkan diri dalam bahaya jika merasa tidak nyaman dan mengemudi dalam kondisi yang ragu-ragu.

2. Pastikan peralatan mobil berfungsi baik

Untuk menghadapi cuaca hujan, cek lampu, dan wiper kaca dan pastikan alat-alat tersebut bisa bekerja dengan baik saat dibutuhkan atau dinyalakan.  Jangan lupa periksa juga kondisi ban. Pastikan ban tidak botak atau masih layak untuk melintasi jalanan yang basah.

Baca Juga: Yang Mau Belajar Mengemudi Truk, Yuk Pemula Merapatlah!

3. Berkendaralah dengan perlahan

Berkendaralah dengan pelan-pelan, artinya tidak cuma harus mematuhi batas kecepatan. Disarankan untuk mengemudi jauh lebih lambat dari kecepatan biasanya saat cuaca cerah. Jalan basah bisa sangat berbahaya. Apalagi, reaksi kendaraan akan jauh lebih lambat ketika melintasi hujan.

4. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, jagalah jarak lebih jauh antara mobil dan kendaraan yang ada di depan. Kenapa? Karena mengerem akan lebih sulit ketika mengemudi di jalanan yang basah. Terlebih, pengendara sangat dilarang memakai cara hard braking, karena risiko ban selip akan sangat besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini