Tips Mengemudi di Jalan Tol, Mau Ngumpulin Supir Pemula Nih!

Tim Redaksi Labviral
Jumat 12 Mei 2023, 00:51 WIB
Tips Mengemudi di Jalan Tol, Mau Ngumpulin Supir Pemula Nih! (FOTO: Instagram/pupr_bpjt)

Tips Mengemudi di Jalan Tol, Mau Ngumpulin Supir Pemula Nih! (FOTO: Instagram/pupr_bpjt)

LABVIRAL.COM - Jalan tol merupakan salah satu pilihan bagi para pengemudi khususnya mobil ketika hendak bepergian ke luar kota. Memiliki karakteristik yang cepat dan lurus jalan tol juga sering disebut sebagai jalan bebas hambatan.

Hal tersebut juga yang kerap membuat pengemudi tergoda untuk terus menginjak pedal gas dan menggeber mobil hingga kecepatan penuh. Namun hal tersebut sangat berbahaya, terutama bagi pengemudi pemula.

Nah untuk para pengemudi pemula, ada baiknya mengikuti tips di bawah ini sebelum masuk ke jalan tol agar tetap aman.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Jalan Tol Punya Jalur Pendaratan Darurat Mobil Rem Blong?

1. Fokus dan konsentrasi penuh

Hal yang pertama dan harus selalu menjadi perhatian adalah tetap jaga kondisi agar selalu fokus dan konsentrasi penuh. Pengendara di jalan tol kerap diserang bosan dan mengantuk karena karakteristik yang lurus dengan kecepatan konstan.

Hal tersebut akan sangat berbagaya jika kehilangan fokus dan konsentrasi karena rasa kantuk sangat beresiko tinggi. Jika sudah merasa mengantuk dan bosan, coba untuk minum air putih atau istirahat di rest area yang sudah disediakan.

Baca Juga: Ternyata Indonesia Punya Jalan Tol untuk Motor, Segini Tarifnya

2. Jaga Jarak Aman

Tips kedua adalah selalu perhatikan dan menjaga jarak aman dari pengendara lain. Selain karena menjadi suatu keharusan, hal ini berguna keselamatan dan kenyamanan berkendara. Jarak aman berkendara adalah sekitar 10-20 meter, atau jarak selisih waktu dengan kendaraan di depannya berkisar 3 detik.

Untuk mobil-mobil canggih, memanfaatkan fitur cruise control bisa membantu untuk tetap menjaga jarak aman dengan mobil lain. Namun jika masih manual, harus tetap konsentrasi penuh.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini