Ini Fungsi Crash Cushion yang ada di Jalan Tol

Haris Ma'ani
Rabu 29 Maret 2023, 17:49 WIB
Ilustrasi crash cushion  (Sumber : Instagram/kemenpupr)

Ilustrasi crash cushion (Sumber : Instagram/kemenpupr)

LABVIRAL.COM- Keselamatan di jalan tol terus ditingkatkan pengelola. Selain sejumlah perangkat yang ada, kini juga terdapat pagar pengaman yang bernama crash cushion.

Saat tengah melaju di jalan tol, kamu pasti pernah melihat ujung pagar pengaman jalan yang dipasangi perangkat berbentuk tumpul dan diberi warna kuning terang. Perangkat inilah yang disebut crash cushion atau peredam tumbuk.

Dikutip dari Instagram kemenpupr, crash cushion memiliki peran penting dalam mengurangi fatalitas kecelakaan kendaraan yang menabrak ujung pagar pengaman jalan.

Crash cushion sangat efektif dipasang di jalan tol di mana banyak kendaraan dengan kecepatan tinggi dan tingkat risiko kecelakaan tabrak pembatas yang besar.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah merekomendasikan penggunaan crash cushion untuk meredam benturan pada kendaraan saat terjadi tumbukan dengan pagar pengaman jalan.

Baca Juga: Berkendara Kayak Gini yang Bikin Mobil Matic Cepat Rusak

Dalam video simulasi terkait fungsi crash cushion digambarkan, mobil yang melaju cepat dan mengalami kecelakaan akan menabrak crash cushion.

crash cushion (Instagram/kemenpupr)Crash cushion (Instagram/kemenpupr)

Crash cushion ini seperti pir, sehingga saat ia ditabrak akan melentur sedikit tetapi mampu menghentikan kecepatan mobil dengan segera. Dengan demikian, mobil menjadi cepat terhenti dan terkendali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini