Ternyata Indonesia Punya Jalan Tol untuk Motor, Segini Tarifnya

Aci
Kamis 30 Maret 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi Jalan Tol Bali Mandara dengan jalur khusus sepeda motot (Sumber : jasamarga.com)

Ilustrasi Jalan Tol Bali Mandara dengan jalur khusus sepeda motot (Sumber : jasamarga.com)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini ramai di media, Presiden Motor Besar Club Indonesia (MBCI),  yang saat ini sudah mengundurkan diri per Januari 2023, menyampaikan pendapatnya terkait keinginan para pecinta motor besar Indonesia yang meminta akses Jalan Tol untuk motor besar di Indonesia.

Memang, Jalan Tol di Indonesia masih tidak mengizinkan kendaraan roda dua untuk melintas, hanya kendaraan roda empat dan diatasnya yang mendapatkan izin untuk melintasi Jalan Tol. Padahal, negara tetangga seperti Malaysia, kendaraan roda dua khusus motor besar sudah mendapatkan izin untuk melintasi Jalan Tol.

Baca Juga: Ini Fungsi Crash Cushion yang ada di Jalan Tol

Tapi, saat ini para pengendara motor di Indonesia sudah memiliki kesempatan untuk melintasi Jalan Tol, tak hanya motor besar saja motor kecil seperti motor bebek dan matic pun bisa melintasi Jalan Tol ini.

Untuk Jalan Tol di Indonesia yang sudah mengizinkan sepeda motor melintas adalah tol Bali Mandara. Jalan Tol Bali Mandara menjadi satu-satunya Jalan Tol di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk kendaraan roda dua, tol ini memiliki panjang 12,7 km di atas laut.

Baca Juga: Jalan Tol, Arti Singkatan, Sejarah, dan Manfaatnya

Jalan Tol ini terhubung dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dari menghubungkan Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. Sepeda motor masuk dalam Golongan VI dengan tarif masuk Jalan Tol untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000.

Jalan Tol Bali Mandara juga merupakan Jalan Tol atas laut yang pertama di Indonesia. Bahkan, tol ini merupakan salah satu Jalan Tol atas air terpanjang di dunia dengan menyuguhkan pemandangan indah saat berkendara di Jalan Tol tersebut.

Baca Juga: Ketahui Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol

Selain memiliki pemandangan yang indah, Jalan Tol ini juga didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini