Cara Merawat Sliding Door Mobil Agar Tak Cepat Rusak, Pintu Geser Mobil Gak Sendat Lagi

Tim Redaksi Labviral
Jumat 19 Mei 2023, 22:04 WIB
Cara Merawat Sliding Door Mobil Agar Tak Cepat Rusak, Pintu Geser Mobil Gak Sendat Lagi (FOTO: Nissan)

Cara Merawat Sliding Door Mobil Agar Tak Cepat Rusak, Pintu Geser Mobil Gak Sendat Lagi (FOTO: Nissan)

LABVIRAL.COM - Selain mobil dengan pintu konvensional, ada beberapa jenis mobil yang memiliki pintu geser atau sliding door. Biasanya mobil-mobil jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV nih yang banyak memakai pintu geser ini.

Sayangnya, banyak keluhan jika pintu jenis ini rawan rusak karena dikontrol secara otomatis oleh teknologi. Nah, biar awet, berikut beberapa tips untuk Anda merawat sliding door yang dilansir dari Nissan.

Baca Juga: Bro, Kamu Bisa Membuka Pintu Mobil Terkunci Tanpa Merusaknya dengan Cara Ini

1. Pengecekan kondisi rel dan bearing

Bagian krusial dari mobil pintu geser bisa jadi adalah rel dan bearing. Penyebabnya karena dua bagian pada sliding door ini seringkali bermasalah, mengingat pintu yang cukup sering dibuka dan ditutup. Kendala yang seringkali muncul adalah pintu macet atau terasa tidak lancar saat akan dibuka atau ditutup.

Saat akan melakukan pemeriksaan, pastikan untuk membersihkan rel. Untuk membersihkan roller pastikan menggunakan cairan khusus. Tujuannya agar roller tidak mudah rusak. Perhatikan juga bagian karet pada pintu, bagian ini juga perlu dibersihkan dengan saksama. Setelah selesai dibersihkan, pada bagian rel dan bearing jangan lupa diberi pelumas tanpa kandungan oli.

Lakukan ini secara berkala dan saat merasa ada masalah pada sliding door. Jika ternyata terlanjur terjadi kerusakan pada rel atau bearing, sebaiknya segera diganti. Dengan begini, mobil pintu geser bisa digunakan kembali dengan nyaman dan aman.

Baca Juga: Cara Termudah Hilangkan Baret di Gagang Pintu Mobil, Bisa Pakai Odol

2. Membuka dan menutup pintu jika diperlukan

Seperti halnya mobil lain pada umumnya, membuka dan menutup pintu mobil MPV juga harus dilakukan dengan hati-hati dan jika diperlukan saja. kebiasaan membuka pintu yang kurang hati-hati juga bisa merusak sliding door itu sendiri. Hindari terlalu sering membuka atau menutup sliding door pada mobil.

Selain itu, saat akan membuka pintu, sebaiknya dilakukan dengan perlahan. Begitu juga saat akan menutup pintu. Tidak perlu dibanting, cukup gerakkan sedikit sliding door dan biarkan pintu bergeser dengan sendirinya. Sediakan juga sapu mobil di dekat pintu untuk membersihkan area rel jika dirasa ada kotoran atau benda asing agar pintu mobil bisa menutup dan membuka dengan baik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini