Cara Melacak HP Android dan iPhone yang Hilang dengan IMEI

Yowan R
Selasa 23 Mei 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi nomor IMEI HP (Sumber : erafone)

Ilustrasi nomor IMEI HP (Sumber : erafone)

LABVIRAL.COM - Pernah lupa atau kehilangan HP memang terkadang membuat pemiliknya panik. Terlebih jika HP tersebut adalah satu-satunya HP dengan data-data penting, baik data pekerjaan atau data pribadi.

Tapi, tak perlu khawatir, sebab ada cara mudah melacak HP yang hilang dalam keadaan mati ataupun menyala.

Kamu bisa meminta bantuan dari orang terdekat untuk melacaknya. Karena, ada kemungkinan HP masih dalam kondisi hidup saat awal-awal HP hilang. Nah, saat HP masih dalam keadaan hidup atau baru saja hilang ini adalah moment yang sangat tepat untuk melacak dimana posisi HP saat ini.

Untuk melacak HP yang hilang ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Nomor IMEI sendiri merupakan nomor identitas HP dengan kombinasi angka dan huruf unik yang menyimpan berbagai macam data penting.

Baca Juga: Apa Itu IMEI, Fungsi dan Cara Mengeceknya?

Setiap HP akan memiliki satu atau dua nomor IMEI tergantung dari SIM card yang digunakan. Umumnya, IMEI ini berjumlah antara 15 hingga 16 karakter. Dengan IMEI yang ada di setiap HP juga akan mempermudah operator untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung dalam jaringan.

Lalu, bagaimana cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI?

Melacak HP yang hilang menggunakan IMEI ini bisa dilakukan dengan beberapa opsi. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Gunakan situs Find My Phone Google

Untuk melakukan pelacakan HP yang hilang menggunakan IMEI melalui situs Find My Phone Google ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Pastikan kamu mengingat kode IMEI dari HP yang hilang. Jika tidak, minimal kamu punya dusbook HP tersebut. Jika kamu tidak memilikinya, maka HP tidak bisa dilacak menggunakan IMEI. Ingat, tidak berlaku untuk HP bekas, kecuali kamu sudah mencatat nomor IMEI HP yang hilang tersebut.
  • HP yang kamu lacak sedang aktif/tidak dalam keadaan mati.
  • Aktifkan mode lokasi (optional).
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini