3 Alasan Kenapa Harus Pakai Sabuk Pengaman, Jangan Disepelekan!

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 15 Maret 2023, 15:38 WIB
Pengemudi mobil kerap kali menyepelekan pentingnya sabuk pengaman (seat belt) ketika berkendara. Padahal sabuk pengaman bertugas sebagai fitur keselamatan pada mobil

Pengemudi mobil kerap kali menyepelekan pentingnya sabuk pengaman (seat belt) ketika berkendara. Padahal sabuk pengaman bertugas sebagai fitur keselamatan pada mobil

LABVIRAL.COM, Pengemudi mobil kerap kali menyepelekan pentingnya sabuk pengaman (seat belt) ketika berkendara. Padahal sabuk pengaman bertugas sebagai fitur keselamatan pada mobil, sabuk pengaman harus selalu dikenakan saat berkendara. Baik sebagai pengemudi maupun penumpang.

Instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) , Jusri Pulubuhu mengatakan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat terjadi tabrakan dengan kecepatan 100 km ke atas berpontensi akan mengalami cedera serius.

“Jika perjalanan jauh dan membawa balita penting disarankan untuk menggunakan baby seat car, jika sudah tidak balita maka disarankan menggunakan booster seat (ganjalan tempat duduk) dengan tujuan agar seat belt dapat berfungsi maksimal untuk anak-anak,” ujar Jusri Pulubuhu.

Berikut tiga alasan pentingnya mengenakan sabuk pengaman.

1. Mengurangi risiko terluka

Sabuk pengaman didesain untuk menyilang di bahu dan pinggang. Hal ini bukan tanpa alasan karena bagian bahu merupakan salah satu bagian terkuat di tubuh.

Dengan kata lain, tekanan yang terjadi di bahu bisa ditahan dengan lebih baik dibanding di bagian tubuh lainnya. Hal ini meningkatkan kemungkinan kamu terhindar dari risiko terluka karena terbentur atau terlempar di dalam mobil.

Baca Juga: Apa Saja Sih Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Perjalanan Jauh Naik Mobil?

2. Mencegah pengendara terlempar

Menggunakan sabuk pengaman membuatmu tetap aman di tempat, saat terjadi guncangan di mobil. Bahkan saat mobil terguling atau menabrak, sabuk pengaman ini bisa menjaga kamu tetap berada di kendaraan dan tidak terlempar ke luar.

Baca Juga: Penting! Pahami Posisi Naik Motor yang Baik dan Benar

3. Melindungi kepala dari benturan kaca depan

Kepala merupakan salah satu anggota tubuh yang harus kamu jaga keamanannya, termasuk ketika berkendara. Dengan memakai sabuk pengaman, kamu bisa melindungi kepala dari kemungkinan terjadinya benturan dengan kaca depan. Karena segala kemungkinan bisa saja terjadi saat berkendara, maka kamu perlu melakukan hal-hal yang bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini