Ini Dia, Kelebihan dan Kekurangan Mesin Karburator dan Injeksi

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 15 Maret 2023, 16:08 WIB
Di masa sekarang ini semua mobil terbaru sudah sangat mengandalkan mesin injeksi. Namun, sebelum adanya mesin injeksi semua mobil di zaman dahulu menggunakan karburator

Di masa sekarang ini semua mobil terbaru sudah sangat mengandalkan mesin injeksi. Namun, sebelum adanya mesin injeksi semua mobil di zaman dahulu menggunakan karburator

LABVIRAL.COM, Di masa sekarang ini semua mobil terbaru sudah sangat mengandalkan mesin injeksi. Namun, sebelum adanya mesin injeksi semua mobil di zaman dahulu menggunakan karburator sebagai sistem bahan bakarnya. Karena hal tersebut hingga saat ini masih banyak mobil lawas bermesin karburator yang dapat kita jumpai di jalan.

Pasti banyak di antara kalian yang menjawab kalau perbedaan mesin injeksi itu lebih canggih dari pada karburator. Namun, ternyata tidak hanya sebatas pada soal canggihnya saja. Ternyata masih banyak perbedaan lainnya, terutama pada sistem kerjanya.

Baca Juga: Ladies Wajib Tahu! Ini Dia Fungsi Busi Mobil Kamu

Yuk untuk tahu lebih jelasnya simak informasinya dibawah ini :

Mesin karburator menyemprotkan bahan bakar melalui perbedaan tekanan di ruang venturi, prinsip kerjanya sama seperti menyemprot obat nyamuk.

Karena hal tersebut, karburator memiliki beberapa kelebihan seperti komponennya yang mudah di bongkar pasang, lebih tahan terhadap kualitas bahan bakar yang tidak konsisten, serta mudah dibersihkan dan dianalisa secara manual jika terjadi gangguan.

Baca Juga: Apa Saja Sih Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Perjalanan Jauh Naik Mobil?

Selain punya kelebihan, tentunya juga ada kekurangan dari mesin karburator. Kekurangan karburator adalah semprotan bahan bakarnya tidak stabil meski berjalan dalam rpm konstan, dan untuk mesin yang silindernya lebih dari satu, pengaturan komposisi udara dan bahan bakar tiap silindernya akan sangat sulit.

Lalu bagaimana dengan mesin injeksi? Sistem injeksi menyalurkan bahan bakar ke ruang mesin melalui injektor yang diletakan di dalam ruang bakar, bahan bakar bertekanan tinggi yang mengalir ke injektor di pompa dari tangki oleh fuel pump yang dapat bekerja dengan sumber daya aki.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini