Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual di Rumah Jika Kamu Malas ke Bengkel

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 27 Mei 2023, 20:51 WIB
Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual di Rumah Jika Kamu Malas ke Bengkel (FOTO: Pexels.com)

Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual di Rumah Jika Kamu Malas ke Bengkel (FOTO: Pexels.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu penunjang kualitas sebuah mobil adalah kondisi transmisi baik manual atau otomatis. Mobil akan terasa enak dan nyaman saat digunakan jika transmisi ini cukup terawat.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merawat transmisi mobil, terutama yang manual. Jika sudah melakukan empat hal ini dijamin transmisi akan tetap enteng.

Baca Juga: Pada Transmisi Mobil Manual Susah Over Gigi, Ini Biang Keroknya

1. Pakai Oli Kualitas Terbaik

Langkah pertama cara mudah merawat transmisi mobil manual adalah menggunakan oli berkualitas terbaik. Hal ini akan memengaruhi kinerja transmisi itu sendiri.

Sebaiknya pilih tipe oli full sintesis dengan viskositas 75-90 W. Itu akan memengaruhi tingkat halus dan cepatnya pengoperasian transmisi manual. Oli jenis tersebut juga dikenal encer serta tahan panas. Oli yang encer akan mudah masuk ke tiap bagian-bagian transmisi, sehingga pengoperasiannya akan lebih cepat.

Pemilihan jenis oli juga dapat memberikan proteksi pada transmisi lebih maksimal sehingga umur dan kondisi selalu prima.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Benar di Tanjakan Macet?

2. Ganti Oli Secara Teratur

Setelah memilih kualitas oli yang baik, langkah selanjutnya adalah selalu mengganti oli transmisi secara teratur. Langkah ini akan berpengaruh pada usia pemakaian transmisi mobil. Penggantian oli secara berkala dan teratur akan memberikan efek dan pengaruh besar pada kinerja mesin.

Untuk mengetahui kapan harus mengganti oli, setiap pabrikan sudah memberikan rekomendasi untuk tiap-tiap tipe atau merek mobil. Umumnya, waktu penggantian oli pada kendaraan sangat baik dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak antara 3.000-5.000 km.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini