Pada Transmisi Mobil Manual Susah Over Gigi, Ini Biang Keroknya

Tim Redaksi Labviral
Jumat 21 April 2023, 02:26 WIB
Pada Transmisi Mobil Manual Susah Over Gigi, Ini Biang Keroknya (FOTO: Istockphoto/gudella)

Pada Transmisi Mobil Manual Susah Over Gigi, Ini Biang Keroknya (FOTO: Istockphoto/gudella)

LABVIRAL.COM - Bagi para pengendara, tentu terkadang pernah mengalami kesulitan saat transmisi mobil susah masuk atau pindah gigi. Transmisi mobil yang susah masuk ini mungkin membuat beberapa yan jengkel dan risih saat berkendara. Tentu karena hal tersebut tidak nyaman. Transmisi yang susah berpindah juga bisa menyebabkan kecelakaan. Ya, tak menutup kemungkinan bila kecepatannya semakin tidak terkendali dan berisiko mengakibatkan kecelakaan fatal, apabila tidak segera menangani masalah ini dengan cepat.

Maka, hal ini bukanlah hal yang sepele. Kamu harus langsung membawa mobil kesayanganmu ke bengkel. Selain ke bengkel, kamu juga harus tahu apa penyebab transmisi mobilmu tidak bekerja dengan baik.

Namun sebelum kamu benar-banar memvonis kerusakan, ada baiknya kamu mencoba untuk mendiagnosanya. Oleh karena itu, Labviral.com rangkumkan penyebab transmisi mobil manual yang tidak bisa masuk atau berpindah.

Baca Juga: Mengapa Transmisi Mobil Manual Seringkali Berisik?

Kabel tuas macet

Hal pertama kalau transmisi mobil susah masuk adalah dengan cara melihat kabel tuas transmisinya. Hal ini dilakukan karena kabel tuas transmisi ini bisa saja macet. Kalau sudah macet, biasanya tuas transmisi akan terasa lebih berat dan keras. Jika sudah demikian, kamu lebih baik langsung membawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat agar langsung ditangani tangan profesional.

Baca Juga: Pentingnya Ganti Oli Transmisi Mobil Manual, Harus Rutin Yess!

Bushing tuas rusak

Hal kedua yang bisa menjadi penyebab transmisi mobil susah masuk atau sulit over gigi adalah karena bushing rusak. Bushing tuas transmisi mobil memang terbuat dari bahan karet. Biasanya, kalau sudah rusak maka bahan ini akan menjadi getas. Oleh karena itu, kalau bushing tuas transmisi rusak, maka masuk gigi pun jadi susah saat berkendara.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Benar di Tanjakan Macet?

Kabel kopling keras

Hal ketiga yang menjadi penyebab adalah kabel kopling yang sudah mulai keras. Kopling yang digunakan pada mobil saat ini terdiri dari dua macam. Mulai dari model kopling kabel dan kopling hidrolik. Hal ini biasanya disebabkan oleh kabel kopling yang akan mulai kotor dan berkarat. Kabel kopling yang berkarat dan kotor ini mampu menyebabkan jarak geser kopling menjadi lebih pendek. Maka dari itu, transmisi mobil jadi susah masuk gigi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini