4 Ciri Dinamo Starter Melemah bahkan Rusak, Kamu Wajib Tahu Supaya Gak Bingung saat Mogok

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 27 Mei 2023, 21:01 WIB
4 Ciri Dinamo Starter Melemah bahkan Rusak, Kamu Wajib Tahu Supaya Gak Bingung saat Mogok (FOTO: INSTAGRAM/1shopbikerss_pnk)

4 Ciri Dinamo Starter Melemah bahkan Rusak, Kamu Wajib Tahu Supaya Gak Bingung saat Mogok (FOTO: INSTAGRAM/1shopbikerss_pnk)

LABVIRAL.COM - Salah satu komponen penting pada mobil kesayanganmu ialah dinamo starter. Apa sih dinamo starter itu? Dinamo starter merupakan bagian penting dalam mobil, karena dengan adanya komponen ini dapat membantu efisiensi pada saat menghidupkan mobil.

Maka dari itu, jika dinamo starter mobil melemah, tentunya akan membuat mobil sulit dihidupkan. Jika kamu mengalami hal tersebut, tentunya akan menghambat mobilitasmu, bukan? Maka dari itu, kamu wajib mengetahui apa saja sih penyebab dinamo stater mobilmu melemah.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Motor Matic Mogok di Jalan, Buruan Cek!

Nah, Labviral.com akan memberitahukan ciri-ciri dinamo stater mobil yang rusak. Yuk, check this out.

Bunyi gemeretak dan mendesing

Jika terdengar bunyi gemeretak pada mobil kesayanganmu, bisa jadi itu pertanda dinamo statermu melemah. Pasalnya, bunyi gemeretak ini muncul akibat tidak terkaitnya gigi pada gear opinion dengan gigi pada ring gear mesinmu.

Maka dari itu, jika dua gear pada dinamo starter itu rusak ataupun aus, maka akan menimbulkan suara gemeretak. Jika suaranya semakin keras, bisa jadi itu pertanda kerusakannya sudah dalam tahap yang cukup parah.

Faktor lainnya ialah muncul suara mendesing pada saat mobilmu di-starter. Bunyi mendesing ini dapat terjadi apabila bearing one way yang ada pada pinion gear rusak. Hal ini tentunya akan berdampak pada poros armature yang seharusnya memberikan putaran untuk pinion gear, malah berputar sendiri atau starter loss.

Baca Juga: Begini Cara Dorong Mobil Mogok karena Aki Tekor, Jangan Main Dorong Aja Ya!

Mesin susah distarter pada kondisi panas

Ciri selanjutnya dinamo starter melemah ialah mesin menjadi sulit untuk distarter dalam keadaan masih panas, atau sesudah digunakan. Kondisi ini sangat sering sekali tidak disadari oleh sang pemilik mobil. Pasalnya, jika mobil habis digunakan dan terparkir lama, otomatis mesin sudah dingin dan mesin lebih mudah menyala sehingga tidak menunjukkan gejala apapun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini