Apa Sih Penyebab Motor Mogok Setelah Ditinggal Mudik Lebaran?

Yowan R
Jumat 28 April 2023, 19:44 WIB
Ilustrasi aki tekor, penyebab motor mogok ditinggal mudik lebaran (Sumber : evalube.com)

Ilustrasi aki tekor, penyebab motor mogok ditinggal mudik lebaran (Sumber : evalube.com)

LABVIRAL.COM - Setelah ditinggal mudik lebaran, sepeda motor malah mogok tidak bisa dihidupkan sama sekali. Hal ini kerap dialami para pemudik setelah meninggalkan motor dalam waktu yang cukup lama.

Sepeda motor yang mogok karena ditinggal mudik lebaran sebenarnya bukanlah perkara yang sulit ditangani. Karena, pada umumnya motor yang mogok atau sulit dihidupkan setelah ditinggal dalam waktu yang cukup lama ini hanya disebabkan oleh aki yang drop atau soak saja.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Atasi Aki Motor yang Sulit Mengisi, Klik!

Hal ini biasanya terjadi pada motor yang ditinggal dengan kondisi kabel aki tetap terpasang. Sehingga, motor tidak bisa dihidupkan menggunakan elektrik starter. Terlebih pada motor-motor injeksi yang semua komponen kelistrikannya menggunakan arus listrik dari aki.

Untuk penangannya, kamu cukup menghidupkan motor menggunakan kick starter atau engkol motor. Biasanya, untuk menghidupkan motor dalam kondisi tersebut membutuhkan waktu selama beberapa menit hingga mesin motor menyala.

Tapi, jika motor yang mengalami masalah tersebut tidak dilengkapi dengan engkol atau kick starter seperti motor-motor matic keluaran terbaru, cara lain agar mesin kembali menyala adalah melakukan jumpstart aki atau bisa dengan mengecas aki terlebih dahulu.

Baca Juga: Aki Motor Harus Diganti, Cek Tanda-tandanya

Saat menghidupkan dengan cara aki di-jumper tetap tidak berfungsi meskipun sudah berkali-kali, kamu bisa mencobanya dengan cara charge aki hingga voltase aki naik dan mampu untuk menghidupkan mesin.

Jika dengan cara charge aki tetap tidak mau menyala, berarti aki motor soak dan wajib diganti dengan aki yang baru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan
Berita Terkini