3 Cara Mudah Atasi Aki Motor yang Sulit Mengisi, Klik!

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 26 Maret 2023, 19:46 WIB
Aki merupakan komponen penting dalam sistem kerja mesin motor. Jika aki tidak bekerja dengan baik, maka otomatis mesin motor tidak akan menyala

Aki merupakan komponen penting dalam sistem kerja mesin motor. Jika aki tidak bekerja dengan baik, maka otomatis mesin motor tidak akan menyala

LABVIRAL.COM, Aki merupakan komponen penting dalam sistem kerja mesin motor. Jika aki tidak bekerja dengan baik, maka otomatis mesin motor tidak akan menyala.

Adapun fungsi utama aki adalah sebagai penyedia pasokan listrik kepada semua komponen seperti busi hingga lampu. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, jangan kaget jika motor kamu bisa mati mendadak dan susah dihidupkan.

Jika sebelumnya Labviral.com menjelaskan terkait penyebab aki tidak mengisi, kali ini labviral.com mau menjelaskan terkait cara menanggulangi aki yang tidak mau mengisi. Yuk, disimak ya!

Berikut ini beberapa hal yang jadi solusi dan perlu cepat dilakukan saat mengenali penyebab kerusakan pada aki yang tidak mengisi.

Baca Juga: Cara Merawat Kaki-kaki Motor Biar Awet

Periksa kondisi aki, kiprok dan kabel

Jika sudah tahu penyebab kerusakan pada aki karena komponen kabel dan kiprok, solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeceknya satu per satu. Kamu bisa mengecek kualitas masing-masing komponen tersebut dengan voltmeter. Jika komponen tidak lagi bekerja dengan baik, maka kamu harus menggantinya. Jangan biarkan komponen rusak terlalu lama, karena bisa menjalar ke area lainnya.

Baca Juga: Kaki-kaki Motor Suka Goyang, Gimana Dong?

Pengurangan aksesoris motor

Aksesoris bisa menjadi salah satu penyebab aki motor tidak mengisi. Tapi untuk kamu yang sudah terlanjur memodifikasi motor dengan memasang banyak aksesoris, maka penting untuk mulai menguranginya. Lepaskan aksesoris yang paling banyak menghabiskan banyak daya listrik. Pasang kembali komponen asli dari pabrikan, kemudian cek apakah aki sudah bisa mengisi daya dengan baik kembali.

Baca Juga: Aki Motor Harus Diganti, Cek Tanda-tandanya

Servis untuk isi ulang aki

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Cara Merawat Kaki-kaki Motor Biar Awet

Minggu 26 Maret 2023, 01:25 WIB
Cara Merawat Kaki-kaki Motor Biar Awet
Tech

Aki Motor Sering Tekor, Kenapa Ya?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Aki Motor Sering Tekor, Kenapa Ya?
Berita Terkini