Kaki-kaki Motor Suka Goyang, Gimana Dong?

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 16:48 WIB
Ilustrasi mengendarai motor (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi mengendarai motor (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM- Goyangan di area kaki-kaki motor kerap terjadi ketika kamu berkendara apalagi ketika motor sedang digunakan perjalan jauh dengan medan yang rusak dan berlubang. 

Perjalanan dengan medan yang seperti itu tentu saja akan membuat motor yang kamu tunggangi akan mengalami kerusakan khususnya pada bagian kaki-kaki motor.

Kaki-kaki motor yang goyang ini terjadi karena kerusakan pada bagian bearing maupun shockbreakernya. Segeralah lakukan pengecekan pada bagian ini dengan cara melihat dan mencoba menggoyangkan roda depan dan belakangnya.

Baca Juga: Dijual dengan Harga Rp 22 Jutaan, Motor Listrik Viar Q1 Punya Fitur Canggih dan Ramah Lingkungan

Jika roda yang digoyangkan ikut bergerak sudah dipastikan mengalami kerusakan pada bearingnya, segeralah berhenti dan menggantinya di bengkel terdekat dari perjalan yang sedang kamu lakukan.

Jika goyang di area kaki-kaki yang disebabkan karena shockbreaker yang bocor atau karena bushing shockbreaker yang sudah aus, kondisi ini juga bisa dicek dengan cara yang sama.

Goyangnya kaki-kaki bagian depan motor kamu juga bisa disebabkan karena balljointnya sudah rusak. 

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret, Gak Perlu Ribet Antre di Samsat

Cara mengetahui kondisi ini dengan cara mengangkat bagian depan motor pada bagian shockbreaker lalu menggoyangnya ke depan dan belakang. Jika dirasa ada hentakan saat digoyang sudah dipastikan balljointnya rusak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini