Bener Nggak Sih Chat di WhatsApp Bisa Bikin Memori HP Penuh?

Yowan R
Senin 29 Mei 2023, 15:16 WIB
Ilustrasi riwayat chat berupa teks dan gambar di WhatsApp (FOTO: IStock)

Ilustrasi riwayat chat berupa teks dan gambar di WhatsApp (FOTO: IStock)

LABVIRAL.COM - Memori internal atau penyimpanan di HP yang penuh disebabkan oleh berbagai hal. Secara umum, penuhnya memori penyimpanan HP ini disebabkan oleh penambahan data atau file dari waktu ke waktu di HP yang digunakan.

Penambahan data tersebut jika tidak dihapus secara berkala akan membuat memori penuh. Data-data yang dapat menyebabkan memori HP penuh ini cukup beragam, mulai dari file aplikasi yang terinstal, data media di dalam galeri baik itu foto ataupun video, dan file-file unduhan.

Selain dari data-data yang sudah disebutkan diatas, ada data lain yang ternyata bisa membuat memori HP menjadi penuh. Salah satunya adalah data yang tersimpan di aplikasi, seperti Instagram, TikTok dan WhatsApp.

Baca Juga: Perbedaan WhatsApp Resmi dan WA GB Serta Risiko Menggunakannya

Pasti banyak yang bertanya, kenapa data aplikasi seperti WhatsApp bisa membuat memori penyimpanan penuh. Bagi yang penasaran, simak selengkapnya di bawah ini:

Memori penuh karena data chat WhatsApp

Setiap chat yang diterima atau dikirim melalui aplikasi WhatsApp, baik itu berupa pesan teks, atau media seperti, foto, video dan file, semuanya akan tersimpan dalam satu bagian data aplikasi di WhatsApp.

Saat chat terus menerus menumpuk seiring berjalannya waktu, tentu saja akan membuat penyimpanan menjadi bertambah. Hal inilah yang menyebabkan memori HP bisa penuh.

Jika diakumulasikan sepanjang penggunaan WhatsApp di HP, data-data yang tersimpan di dalam penyimpanan baik itu data yang dikirim oleh pengguna ataupun data yang diterima akan menjadi semakin banyak.

Bukan tidak mungkin data-data yang tersimpan tersebut saat diakumulasikan akan berjumlah lebih dari 2 GB. Apalagi, jika grup-grup WhatsApp dibiarkan untuk menyimpan foto atau video secara otomatis.

Selain karena foto atau video yang disimpan secara otomatis dalam grup WhatsApp, intensitas chatting pada group WhatsApp juga berpotensi semakin mempercepat penuhnya penyimpanan memori HP.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini