Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail agar Tidak Mudah Ditembus Peretas

Yowan R
Senin 29 Mei 2023, 17:01 WIB
Periksa keamnana akun Google (Sumber : myaccount.google.com)

Periksa keamnana akun Google (Sumber : myaccount.google.com)

LABVIRAL.COM - Di era yang serba digital ini, hampir setiap orang memiliki akun Google untuk berbagai keperluan. Seperti berselancar internet, email, syarat pembuatan akun media sosial dan masih banyak lagi.

Dalam pembuatan akun Google, pengguna diwajibkan memberikan beberapa informasi penting terkait data pribadi. Karena itu, penting sekali para pengguna untuk menjaga akun Google mereka.

Meskipun platform Google sendiri pada dasarnya sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi, tapi akun Google yang tidak diamankan berpotensi menjadi sasaran peretas untuk melakukan cyber crime seperti pencurian data.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengamankan akun Google dari peretasan. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Gunakan verifikasi 2 langkah

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan akun Google adala memanfaatkan fitur yang diberikan oleh Google seperti verifikasi 2 langkah (Two step verification).

Fitur ini mengharuskan siapapun yang ingin login akun Google untuk memasukan kode khusus yang dikirimkan oleh Google. Jadi, akun Google akan menjadi lebih aman. Meskipun ada orang lain yang mengetahui username dan password akun Google milikmu, mereka tidak memiliki kendali atas verifikasi ke-2 dan tidak bisa tidak akan bisa login seenaknya dengan akun milikmu.

Berikut cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah:

  • Login akun Google terlebih dahulu, lalu buka ‘Kelola Akun Google’ dengan cara klik gambar profil di pojok kanan atas.
  • Login ulang menggunakan username dan password yang sama.
  • Isi kolom yang telah disediakan dan ikuti setiap step-nya lalu klik ‘Aktifkan’.

Selain itu, kamu dapat memilih jenis metode verifikasi yang dirasa paling cocok. Setidaknya ada tiga opsi utama yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna. Diantaranya yaitu, telepon atau SMS, kode cadangan, dan perintah Google.

2. Ganti password akun Google secara berkala

Setelah menggunakan fitur verifikasi dua langkah, agar akun Google milikmu semakin aman, kamu bisa melakukan penggantian password atau kata sandi secara berkala.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini