Yuk Pahami Cara Masuk Akun Google Tanpa Password, Fitur Baru Gmail

Yowan R
Jumat 05 Mei 2023, 16:21 WIB
Ilustrasi fitur baru, Passkey Google (Sumber : Google)

Ilustrasi fitur baru, Passkey Google (Sumber : Google)

LABVIRAL.COM - Google memperkenalkan fitur barunya passkey (kunci sandi) untuk menggantikan password (kata sandi) dalam proses (login) ke Gmail.

Dengan fitur baru ini para pengguna Gmail tidak perlu lagi mengetikan password untuk login. Pengguna cukup mengkonfirmasi akses lewat notifikasi yang akan muncul di smartphone saat melakukan login dari komputer.

Fitur baru passkey dari Google ini juga membuat login Gmail menjadi semakin mudah dan aman daripada mengetikan password.

Baca Juga: Tahun Depan, Google akan Matikan Dropcam dan Nest Secure

Cara menggunakan passkey untuk login akun Gmail cukup mudah, pengguna hanya perlu membuka alamat g.co/passkeys di browser HP atau perangkat tablet yang lain.

Kemudian, pengguna perlu mengkonfirmasi jika yang masuk ke akun Gmail tersebut memang benar pengguna sendiri. Setelah membuka passkeys di browser akan muncul tulisan "Gunakan kunci sandi Anda untuk mengkonfirmasi bahwa ini memang Anda." "Perangkat akan meminta sidik jari, wajah, atau kunci layar."

Langkah selanjutnya anda bisa mengklik tombol “Lanjutkan” yang posisinya berada di sebelah kanan bawah. Pastikan untuk menggunakan passkey, pengguna sudah mengaktifkan kunci keamanan pada perangkat yang digunakan, seperti sidik jari, face scan atau sebagainya.

Baca Juga: Google Meet Dukung Panggilan Video 1080P, Begini Cara Pakainya

Setelah konfirmasi dengan sistem keamanan di perangkat yang digunakan selesai dilakukan, berarti pengaturan passkey sudah selesai diaktifkan.

Seperti fitur baru lainnya, perubahan kunci sandi akan memakan waktu. Itu sebabnya sandi dan Verifikasi 2 Langkah akan tetap berfungsi untuk Akun Google.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini