Google Meet Dukung Panggilan Video 1080P, Begini Cara Pakainya

Yusuf Tirtayasa
Minggu 30 April 2023, 17:40 WIB
Tangkapan layar Google Meet (Sumber : Google Workspace)

Tangkapan layar Google Meet (Sumber : Google Workspace)

LABVIRAL.COM - Untuk menghadirkan pengalaman meeting yang lebih baik, Google Meet menghadirkan opsi panggilan video dengan kualitas resolusi 1080P. Sebelumnya, kualitas resolusi Google Meet hanya mendukung resolusi 720p atau lebih rendah.

Sayangnya, fitur ini hanya ditujukan untuk pelanggan berbayar. Dalam pembaruannya, Google memaparkan telah membawa peningkatan untuk pengguna Workspace dan Google One.

Melansir dari The Verge, Sabtu (29/4/2023), bagi yang ingin menggunakan fitur ini, pengguna hanya bisa mengakses panggilan video 1080p di Google Meet versi berbasis WEB. Selain itu, resolusinya juga tergantung pada apakah webcam komputer sudah mendukung resolusi tersebut atau belum.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kontrol Orangtua di Google Play Store

Google juga mencatat bahwa pengguna memerlukan bandwidth tambahan untuk mengirim video 1080p dan mengatakan bahwa itu akan secara otomatis menyesuaikan resolusi jika bandwidth mengalami kendala.

Fitur ini tidak diaktifkan secara default, pengguna harus mengaktifkannya lebih dulu dengan memilih tiga titik di pojok kanan atas umpan video, lalu menekan Aktifkan video HD.

Google mengatakan panggilan video 1080p tersedia untuk semua pengguna dengan paket berikut; Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Teaching and Learning Upgrade, Education Plus, Enterprise Essentials, dan Frontline. Ini juga tersedia untuk pengguna dengan paket Google One yang mendukung penyimpanan minimal 2 TB.

Sebagai informasi, sebelum Google Meet, aplikasi konferensi video lainnya, seperti Zoom dan Microsoft Teams, sudah mendukung panggilan video dengan resolusi 1080p lebih dulu.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini