3 Cara Mudah Menghemat Baterai Motor Listrik

Yusuf Tirtayasa
Selasa 30 Mei 2023, 21:40 WIB
Ilustrasi motor listrik pertama kali di dunia dengan konsep Scrambler (Sumber : switchmotorcycles.com)

Ilustrasi motor listrik pertama kali di dunia dengan konsep Scrambler (Sumber : switchmotorcycles.com)

LABVIRAL.COM - Penggunaan motor listrik diklaim lebih ramah lingkungan ketimbang motor konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Kini, motor listrik jadi salah satu kendaraan yang terus digencarkan penggunaannya.

Meski begitu, penggunaan motor listrik juga memiliki kendala, khususnya berkaitan dengan daya baterai dan jarak tempuh yang menjadi salah satu penghambat mobilitas masyarakat. Pasalnya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa sistem pengisian daya pada motor listrik kurang praktis dan memakan waktu. 

Untuk itu, ada beberapa cara agar motor listrik bisa lebih hemat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudah menghemat baterai motor listrik.

Kurangi Gaya Berkendara Stop and Go

Agar baterai motor listrik bisa tetap hemat, sebaiknya kamu mengurangi gaya berkendara stop and go. Di mana saat menggunakan motor listrik, biasanya pengendara mengandalkan pengereman dan menghentikan motornya, lalu menggerakkan secara konstan.

Baca Juga: Cara Dapat Bantuan Konversi Motor BBM ke Motor Listrik, Cukup Daftar Online

Dalam hal ini, saat melakukan pengereman akan membuang daya baterai. Kemudian, saat ingin menggerakan kembali, maka membutuhkan daya atau energi yang lebih besar.

Perlu diingat, motor listrik ternyata saat melakukan pengereman maka akan membuang daya baterai. Lalu pada saat ingin start atau menggerakan akan kembali maka membutuhkan daya atau energi yang lebih besar. Untuk itu, jika tidak begitu dibutuhkan, sebaiknya hindari atau mengurangi gaya berkendara stop and go.

Menjaga Tarikan Pada Gas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini