Biker Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Busi Motor Agar Tetap Awet!

Yowan R
Kamis 16 Maret 2023, 09:28 WIB
Ilustrasi busi motor yang masih baik dan busi motor yang sudah rusak (Sumber : Instagram.com/yamaha_store.bogor)

Ilustrasi busi motor yang masih baik dan busi motor yang sudah rusak (Sumber : Instagram.com/yamaha_store.bogor)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor salah satu komponen penting dalam sistem pengapian adalah busi. Fungsi dari busi adalah memercikan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dengan udara di dalam ruang bakar.

Mengingat peran busi yang sangat penting untuk siklus pembakaran pada mesin sepeda motor, maka perawatan busi haru dilakukan untuk menjaga performa busi dan menjaga busi agar lebih awet.

Baca Juga: Suara Knalpot Motor Kok Nembak-Nembak, Nih Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Sayangnya, masih banyak sekali pemilik sepeda motor yang tidak melakukan perawatan pada busi motor mereka lantaran belum mengetahui cara merawat busi motor yang benar.

Padahal, untuk merawat busi motor ini cara cukup mudah. Pemilik motor hanya membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan pemeriksaan secara khusus pada bagian tertentu dari busi.

Dalam merawat busi bagian tertentu yang wajib perhatikan adalah bagian elektrodanya, apakah masih normal atau sudah aus.

Baca Juga: Sayang Motor, Ini 4 Rekomendasi Busi Terbaik untuk Motormu

Jika  bagian elektroda busi sudah mengalami keausan, otomatis percikan bunga api yang dihasilkan menjadi tidak sempurna. Bunga api yang dihasilkan menjadi tidak center dan bunga api berwarna merah.

Untuk elektroda busi yang normal, percikan bunga api yang dihasilkan akan berwarna biru dan percikannya center sesuai dengan kepala businya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini