Sesuaikan Rebound Shockbreaker Depan Motor Dengan Cara Ini, Dijamin Ampuh!

Yowan R
Kamis 16 Maret 2023, 09:34 WIB
Ilustrasi servis shockbreaker depan motor (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi servis shockbreaker depan motor (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Tahu nggak sih, kalau cepat atau lambatnya rebound shockbreaker depan sepeda motor bisa disesuaikan sesuai selera dengan cara yang simpel?

Bagi kalian yang belum tahu, cepat atau lambatnya rebound shockbreaker depan sepeda motor ini bisa diatur dengan cara menyesuaikan oli shockbreaker yang digunakan.

Untuk pengertian rebound pada shockbreaker sendiri adalah proses dimana kembalinya posisi shockbreaker seperti semula setelah mendapatkan tekanan.

Baca Juga: Cari Tahu Ciri Shockbreaker Kamu Udah Rusak

Nah, kembalinya shockbreaker keposisi semula setelah mendapatkan tekanan ini bukan terjadi karena per yang terdapat di dalam shockbreaker. Per tersebut hanya berfungsi untuk menahan beban motor ataupun pengendaranya.

Sedangkan untuk reboundnya terjadi karena oli shockbreaker. Karena itu, cepat atau lambatnya rebound shockbreaker depan sepeda motor bisa disesuaikan dengan tingkat kekentalan oli shockbreaker yang digunakan.

Untuk rebound shockbreaker yang cepat, kalian bisa menggunakan oli shockbreaker yang sedikit encer, contohnya oli shockbreaker dengan tingkat kekentalan 20 WT. Semakin encer oli shockbreaker yang digunakan ini maka tahanannya akan semakin ringan. Dampaknya, rebound shockbreaker jadi semakin cepat.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Ini Waktu Ganti Kampas Rem Motor yang Tepat!

Untuk rebound shockbreaker yang lambat, kalian bisa menggunakan oli shockbreaker yang lebih kental, contohnya kalian bisa menggunakan oli shockbreaker dengan tingkat kekentalan 40 WT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini