Taruh Helm di Atas Tangki Motor Ternyata Bahaya Loh, Begini Penjelasannya

Yowan R
Kamis 16 Maret 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi helm di atas tangki motor (Sumber : hondacbrcommunity.com)

Ilustrasi helm di atas tangki motor (Sumber : hondacbrcommunity.com)

LABVIRAL.COM - Sebagai salah satu perlengkapan yang wajib digunakan oleh pengendara motor, helm bisa meminimalisir potensi cedera parah bahkan hingga kematian saat pengendara motor mengalami kecelakaan.

Mengingat pentingnya helm bagi pengendara motor, maka helm juga harus mendapatkan perawatan dari pemiliknya agar tetap awet.

Salah satu bentuk perawatan helm yang bisa dilakukan oleh pengendara motor adalah cara meletakan helm setelah digunakan berkendara dan memarkir motor.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Ini Waktu Ganti Kampas Rem Motor yang Tepat!

Bagi pengendara motor sport, kebiasaan meletakan helm setelah berkendara ini langsung diletakan diatas tangki motor karena dianggap sangat praktis. Padahal, meletakkan helm diatas tangki motor justru bisa menimbulkan efek negatif yang muncul.

Salah satu efek negatif yang akan muncul jika terlalu sering meletakkan helm diatas tangki motor adalah rusaknya Expanded Polystyrene/Styrofoam atau EPS yang terdapat di dalam helm.

Bagi kalian yang nggak tahu Expanded Polystyrene/Styrofoam atau EPS ini adalah komponen yang ada di dalam helm dan berfungsi untuk memberi redaman ketika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Jadwal Servis Gratis Yamaha sesuai KSG (Kartu Servis Gratis) untuk Pembelian Motor Baru

Saat helm diletakan di atas tangki motor ini bisa merusak EPSnya karena uap bensin yang masuk kedalam interior helm. EPS sendiri merupakan bahan yang sangat sensitif dengan uap bensin, jadi jika terlalu sering terkena uap bensin EPS akan berlubang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini