Rilis di Indonesia, Nokia C12 Jadi Smartphone Kelas Menengah dengan Harga Murah

Yusuf Tirtayasa
Senin 12 Juni 2023, 19:49 WIB
Nokia C12 (Sumber : Nokia)

Nokia C12 (Sumber : Nokia)

LABVIRAL.COM - Nokia C12 telah rilis di Indonesia belum lama ini menyusul kabar yang disiarkan oleh HMD Global, pemegang lisensi smartphone Nokia pada Rabu (24/5/2023) lalu. Seperti diketahui, Nokia C12 sudah rilis terlebih dahulu di Eropa pada Januari lalu. Sehingga, ini merupakan gebrakan besar pada pecinta smartphone di Indonesia atas hadirnya smartphone terbaru Nokia tersebut.

Nokia C12 datang dengan bodi yang lebih mungil ketimbang “saudaranya”, Nokia C10 atau Nokia C31. Bodi perangkat diklaim dapat tahan banting karena dibuat dengan bahan polikarbonat dan layarnya sudah dilapisi kaca pelindung yang tidak disebutkan merk dan jenisnya.

Bicara soal layar, Nokia C12 memiliki layar berpanel LCD seluas 6,3 inci dengan resolusi HD Plus. Layar dihiasi poni jenis tetesan air dan memiliki aspect ratio 20:9.
Selain itu, perangkat ini hadir dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Nokia C31 dan Nokia C10 yang masing-masing sudah meluncur pada November 2022 dan April 2021 Konfigurasi kameranya adalah kamera depan (selfie) 5 MP dan satu kamera belakang 8 MP.

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi Nokia XR21, HP Tangguh yang Bisa Dibawa Menyelam

Kamera belakang ditemani lampu kilat LED untuk membantu pemotretan di malam hari atau minim cahaya. Ada beberapa fitur pemotretan yang juga dimiliki seperti mode malam, potrait, HDR, dan timelapse. Di sektor dapur pacu, Nokia C12 mengandalkan chipset Unisoc 9863A1 yang dirancang dengan arsitektur 28 nm. Chip memiliki dipadu dengan RAM 3 GB dan storage seluas 64 GB.

Kapasitas RAM bisa diperluas menggunakan fitur Virtual RAM hingga 2 GB. Jadi, RAM bisa diperluas hingga 5 GB. Namun, kapasitas penyimpanan Nokia C12 tidak bisa diperbesar karena tidak tersedia slot microSD. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 12 Go Edition, OS untuk smartphone dengan spesifikasi rendah. Sementara soal daya, Nokia C12 ditopang baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan pengisian daya 5 watt.

Baterai perangkat dapat dilepas-pasang, dibekali fitur penghemat daya (Battery Saving), dan diklaim bisa bertahan selama satu hari. Fitur pendukung lainnya, Bluetooth 5.2, Wi-FI 802.11 b/g/n, jaringan 4G, sertifikasi tahan debu dan cipratan air (IP52), dan jaminan pembaruan sistem keamanan selama 2 tahun.

Varian warna yang ditawarkan adalah Charcoal, Dark Cyan, dan Light Mint. Pembelian perangkat bisa dilakukan melalui situs resmi Nokia ataupun marketplace rekanan perusahaan. Untuk harganya sendiri, Nokia C12 akan dibanderol dengan harga Rp 1.349.000 untuk RAM 3GB dan memori internal sebesar 64 GB. Harga yang cukup murah untuk smartphone kelas menengah, ya!***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini