Microsoft Dorong Pemerintah AS untuk Fokus dan Waspada Pada Perkembangan Teknologi AI

Yusuf Tirtayasa
Senin 12 Juni 2023, 20:53 WIB
Ilustrasi Artificial Intelligent (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Artificial Intelligent (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Berkembangnya teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sudah cukup besar pada pasar teknologi saat ini. Sehingga, mengundang komentar dari beberapa perusahaan raksasa teknologi, salah satunya adalah Microsoft.

Beberapa waktu lalu, Microsoft mendesak pemerintah federal Amerika Serikat (AS) untuk ikut andil dalam memperhatikan perkembangan teknologi AI. Menurut Microsoft, pemerintah perlu membuat agensi baru yang secara khusus berfokus pada teknologi AI. Karena, ini akan berdampak besar kedepannya.

Pada pidato di Washington, DC yang dihadiri oleh beberapa anggota Kongres dan organisasi non-pemerintah, wakil ketua dan presiden Microsoft Brad Smith mengatakan aturan hukum dan komitmen terhadap demokrasi telah menjaga teknologi pada tempat yang semestinya, termasuk AI.

Mengutip dari laporan Bloomberg, Minggu (27/5/2023), dia mengatakan bahwa ada bagian yang melenceng dari rencana awal dibuatnya AI. Ini, kata Brad Smith, akan mengacaukan algoritma yang telah berjalan saat ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan ChatGPT di Microsoft Word

Selain itu, ia juga menyarankan agar Presiden Joe Biden membuat dan menandatangani perintah eksekutif yang berisikan mengenai menejemen risiko oleh National Institute of Standards and Technology (NIST). Ini diikuti oleh lembaga federal dan seluruh perangkat yang terlibat dengan AI.

"Microsoft juga akan mematuhi pedoman NIST dan menerbitkan laporan AI tahunan untuk transparansi," katanya.

Seruan Microsoft untuk regulasi mengikuti pernyataan serupa dari OpenAI dan Google. CEO OpenAI Sam Altman bersaksi di depan Kongres bahwa 'entitas baru' diperlukan untuk mengatur AI dan merekomendasikan 'audit independen'. Namun, Altman sebelumnya menyarankan menarik OpenAI dari Uni Eropa jika perusahaan tidak setuju dengan kebijakan baru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini