Meta Jual Rugi Platform Giphy ke Shutterstock, Kenapa?

Yusuf Tirtayasa
Selasa 13 Juni 2023, 19:37 WIB
Ilustrasi Facebook (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi Facebook (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Meta resmi menjual rugi mesin pencari gif, Giphy ke platform Shutterstock. Ini dikarenakan ketundukan meta terhadap peraturan Inggris.
Mengutip dari The Guardian, Selasa (30/5/2023), pekan lalu terungkap bahwa Meta menjual Giphy kepada Shutterstock dengan harga USD 53 juta atau setara dengan Rp798 miliar.

Padahal, saat akuisisi pada November 2021 lalu, induk Facebook tersebut membelinya dengan harga USD 315 juta atau setara Rp4 triliun. Namun, pembelian tidak bisa diselesaikan karena diblokir oleh otoritas untuk persaingan pasar Inggris, Competition and Markets Authority (CMA), pada tahun 2022.

Shutterstock membayar tunai untuk akuisisi ini, yang sudah termasuk kesepakatan untuk memastikan akses berkelanjutan ke platform-platform Meta. Chief Executive Shutterstock, Paul Hennessy menyebut akuisisi ini sebagai "langkah berikutnya yang menarik dalam perjalanan Shutterstock sebagai platform kreatif end-to-end."

Baca Juga: META Buat Aplikasi Tandingan Twitter Untuk Jawab Keresahan Pengguna

"Melalui akuisisi Giphy, kami memperluas titik kontak audiens kami di luar kasus penggunaan pemasaran dan periklanan profesional dan memperluas ke percakapan biasa," ujarnya.

Saat akuisisi, Meta Facebook sebenarnya sudah mendapatkan potongan harga besar-besaran dari Giphy, di mana valuasi puncak perusahaan adalah di angka USD 600 juta pada tahun 2016.

Selain itu, mengutip The Verge, Axios juga sempat mengabarkan bahwa kesepakatan tersebut akan bernilai sekitar USD 400 juta. Namun, akuisisi Giphy oleh Meta mulai bermasalah saat CMA, memerintahkan perusahaan induk Instagram dan WhatsApp itu membatalkan kesempatan di tahun 2021***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini