Memori Tiba-tiba Penuh Karena File WhatsApp? Begini Cara Mengatasinya

Yusuf Tirtayasa
Rabu 14 Juni 2023, 20:03 WIB
Link Download WA GB atau GB WhatsApp Paling Lengkap Anti Banned. Waspada, Jangan Sampai Diblokir Karena Aplikasi Modifikasi (Sumber : Pixabay/Webster2703)

Link Download WA GB atau GB WhatsApp Paling Lengkap Anti Banned. Waspada, Jangan Sampai Diblokir Karena Aplikasi Modifikasi (Sumber : Pixabay/Webster2703)

LABVIRAL.COM - Penyimpanan menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga smartphone. Penyimpanan yang terlalu berlebihan biasanya akan membuat ponsel semakin lambat dan sulit untuk membuka aplikasi.

Karena itu, perlu mengecek dan membersihkan penyimpanan agar menghindari hal tersebut, terlebih pada aplikasi WhatsApp. Terkadang aplikasi WhatsApp bisa memakan penyimpanan internal yang cukup besar secara tiba-tiba. Atas dasar ini, pengguna perlu mengetahui penyebabnya.

Perlu diketahui, setiap chat yang diterima pengguna, baik berupa pesan teks atau kiriman media, seperti foto, video, audio, dan gambar, semuanya bakal menjadi sekumpulan data yang tersimpan di WhatsApp.

Chat bakal terus menumpuk dari waktu ke waktu yang dapat membuat penyimpanan WA penuh. Dari beberapa jenis chat, kiriman file media bisa dibilang menjadi penyebab penyimpanan WA cepat penuh.

Baca Juga: 5 Cara Cek WhatsApp Disadap atau Tidak yang Mudah Dilakukan

Bila diakumulasi sepanjang pemakaian WhatsApp, besar file media yang diterima dan disimpan pengguna mungkin bisa mencapai lebih dari 2 GB. File media yang tersimpan di WA bisa datang dari kiriman di ruang obrolan pribadi ataupun grup.

Ruang obrolan grup bisa menjadi sumber menumpuknya file media di penyimpanan WhatsApp. Bayangkan bila interaksi di grup ramai dan banyak anggota yang kirim media. Dengan banyaknya kiriman media itu, tak heran bila penyimpanan WA penuh tiba-tiba.

Salah satu upaya untuk mengatasi ini adalah membersihkan file media pada gadget. Ini bisa dilakukan dengan cara mengklik "Settings" pada aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya adalah dengan memilih opsi "Penyimpanan dan Data" serta klik "Kelola Penyimpanan". Pada opsi tersebut, akan ada tiga pilihan penghapisan media dari penyimpanan WhatsApp.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini