Ternyata Begini Dampak Menghapus Cache, Bikin Smartphone Lemot?

Yusuf Tirtayasa
Jumat 16 Juni 2023, 18:01 WIB
Ilustrasi Smartphone sosial media (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Smartphone sosial media (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Pengguna smartphone mungkin sudah tidak asing dengan istilah cache. Sering sekali yang menganggap cache sebagai sampah yang harus dibersihkan. Namun tidak semua cache itu tidak bermanfaat lho.

Seperti diketahui, cache adalah komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data. Sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani lebih cepat. Data yang disimpan pada cache adalah hasil dari penghitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain.

Selain itu, cache juga berguna sebagai memori atau penyimpanan sementara. Ini bertujuan untuk mempercepat ke berbagai aplikasi atau situs web uang sering diakses pada smartphone.

Dengan adanya cache sebuah aplikasi bisa cepat terbuka dan tidak terlalu lama menunggu loading pada suatu aplikasi atau situs web. Namun, sayangnya cache bisa menguras memori.

Lalu bagaimana jika ingin menghapus cache? Apakah akan berdampak pada kecepatan membuka aplikasi? Merangkum dari beberapa sumber, berikut adalah dampak menghapus cache yang perlu diketahui.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Cache dan Cookie di Laptop Biar Nggak Lemot

Salah satu efek baik menghapus cache adalah membuat smartphone terasa lebih ringan. Hal ini berkaitan dengan kepasitas memori internal. Begitu cache dihapus, otomatis ruang dalam memori internal akan bertambah dan membuat smartphone terasa lebih nyaman digunakan.

Selain itu, aplikasi yang biasanya sering error seperti macet atau lag, juga bisa kembali berjalan dengan lebih baik. Tidak jarang pengguna malas menghapus cache karena takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang.

Jika kamu adalah salah satunya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Cache itu hanyalah sampah, sehingga kamu tidak akan pernah kehilangan data apa pun setelah menghapusnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini