Aki Motor Tidak Mengisi? Ternyata Ini Sebabnya

Aci
Kamis 16 Maret 2023, 17:29 WIB
Ilustrasi: penjumperan aki motor yang tekor untuk menghidupkan mesin

Ilustrasi: penjumperan aki motor yang tekor untuk menghidupkan mesin

LABVIRAL.COM - Aki merupakan komponen penting dalam sistem kerja mesin motor. Jika aki tidak dapat bekerja dengan baik, maka otomatis mesin motor tidak akan menyala.

Adapun fungsi utama aki sebagai penyedia pasokan listrik kepada semua komponen seperti busi hingga lampu. Maka apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka kamu tidak boleh membiarkannya. Sebab nantinya, jangan kaget jika motormu bisa mati mendadak dan susah dihidupkan.

Tentu saja, hal tersebut sangat merepotkan bukan? Berikut ini LabViral.com jelaskan tujuh penyebab aki motor tidak mengisi. Yuk, disimak!Pengisian daya pada aki tidak boleh terlalu kecil atau besar. Jika aki mengalami overcharge, maka dapat menimbulkan kerusakan. Sedangkan daya yang terlalu kecil juga akan membuat arus listrik yang dibutuhkan kurang.

Baca Juga: Sesuaikan Rebound Shockbreaker Depan Motor Dengan Cara Ini, Dijamin Ampuh!

Kiprok motor rusak

Kiprok atau regulator, merupakan salah satu komponen yang terdapat pada aki.   Fungsi dari kiprok sendiri sebagai keran yang menghantarkan listrik dari spull. Banyak sedikitnya aliran listrik pada spull ini diatur oleh kiprok.

Aliran listrik ini perlu diatur supaya jumlah aliran listrik tepat tidak berlebihan yang membuat aki menjadi tekor. Kerusakan pada kiprok biasanya ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan.

Adapun cara untuk mengecek kondisi kiprok, ialah dengan cara menahan gas di angka 4.000 hingga 5.000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah. Kamu bisa mengecek tegangan ini memanfaatkan voltmeter.

Kiprok soket bermasalah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini