Apple Luncurkan Perangkat Kacamata AR Pertamanya 'Apple Vision Pro'

Yusuf Tirtayasa
Minggu 18 Juni 2023, 13:07 WIB
Apple Vision Pro (Sumber : Apple)

Apple Vision Pro (Sumber : Apple)

LABVIRAL.COM - Setelah lama dinantikam, Apple akhirnya meluncurkan kacamata Augmented Reality (AR). Diketahui, ini merupakan kali pertama raksasa teknologi tersebut meluncurkan AR buatannya

Apple pertama kali mengenalkan produk tersebut dalam konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) yang mulai digelar secara online, 5 Juni 2023. Perangkat ini disebut sebagai Apple Vision Pro.

Apple Vision Pro adalah perangkat yang didesain menyerupai kacamata, tetapi fungsinya lebih dari sekadar kacamata biasa. Pasalnya, perangkat ini memberikan pengalaman dunia virtual di dunia nyata kepada penggunanya.

Baca Juga: Saingi Apple, Meta Luncurkan Headset VR yang Diklaim Miliki Grafis 2 Kali Lipat

Dengan memakai Vision Pro, pengguna akan bisa melihat dan mengoperasikan aneka layanan Apple yang seolah tampak di depan mata. Nah, tampilan tersebut bisa dinavigasi, misalnya untuk menjalankan aneka aplikasi, menikmati beragam konten digital, dan lain sebagainya.

Apple juga menyebut perangkat ini sebagai "komputer spasial revolusioner" yang secara mulus memadukan konten digital dengan dunia fisik, sekaligus memungkinkan pengguna untuk tetap hadir dan terhubung dengan orang lain.

Vision Pro memperkenalkan antarmuka pengguna tiga dimensi sepenuhnya yang dikendalikan oleh input yang paling alami dan intuitif: mata, tangan, dan suara pengguna.

Bersamaan dengan perangkat, Apple mengenalkan visionOS, sistem operasi spasial pertama di dunia, Vision Pro memungkinkan pengguna berinteraksi dengan konten digital dengan cara yang terasa seperti hadir secara fisik di ruang mereka.

Perangkat ini seolah menawarkan dunia virtual untuk Anda sendiri, karena orang lain yang ada di sekitar Anda secara fisik, tidak akan mengetahui apa yang sedang Anda lakukan di ruang virtual tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini