Peduli Kesehatan Mental, Apple Perkenalkan Fitur Ini

Yusuf Tirtayasa
Senin 19 Juni 2023, 19:09 WIB
Ilustrasi Apple (Sumber : depositphotos)

Ilustrasi Apple (Sumber : depositphotos)

LABVIRAL.COM - Apple sempat menyoroti masalah kesehatan mental di atas panggung Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia. Sehingga, perusahaan memperkenalkan fitur penunjang kesehatan mental.

Fitur tersebut tersemat pada perangkat iPhone, iPad, hingga Apple Watch. Kesehatan mental, kata Apple, mempunyai bobot yang sama dengan kesehatan fisik. Sehingga, keduanya saling berhubungan dalam membuat tubuh yang sehat.

Apple hari ini mengumumkan aplikasi kesehatan baru di iOS 17, iPadOS 17, dan watchOS 10. (Kami) mengembangkan dua area yang memiliki dampak dan menunjang fitur serta pengalaman inovatif di berbagai platform,” tulis Apple di blog resminya.
Untuk perangkat iPhone dan iPad, aplikasi kesehatan baru ini bernama Health. Sementara di Apple Watch, aplikasi baru ini dinamai Mindfullness. Walau mengusung dua nama yang berbeda, keduanya punya fungsi yang sama.

Pengguna dapat melacak emosi dan mood mereka sepanjang hari. Pelacakan tersebut bakal direkam dan disimpan ke dalam aplikasi. Data kesehatan pengguna juga langsung terintegrasi ke beberapa perangkat, seperti iPad, iPhone, dan Apple Watch sekaligus.

Baca Juga: Apple Luncurkan Perangkat Kacamata AR Pertamanya 'Apple Vision Pro'

Aplikasi Health ataupun Mindfullness bakal mengajukan pertanyaan secara berkala mengenai emosi dan mood pengguna saat itu. Pertanyaan yang ditanyakan seperti “Choose how you’re feeling right now” (Pilihlah bagaimana perasaanmu saat ini).

Pengguna dapat merinci mood yang dirasakan dengan menggeser titik putih dari rentang “Sangat Menyenangkan” (Very Pleasant) ke “Sangat Tidak Menyenangkan” (Very Unpleasant). Setiap mood akan diwakilkan dengan warna yang berbeda-beda.
Mood yang sedih akan ditampilkan dengan warna biru tua dengan sedikit campuran warna ungu. Mood netral digambarkan dengan gradasi abu-abu muda hingga tua. Mood senang akan diwakilkan dengan warna hijau.

Sebagaimana dilansir dari Apple.com, Rabu (7/6/2023), pengguna bakalan diminta untuk mendeskripsikan perasaan yang dirasakan. Misalnya, apakah pengguna hari itu merasa perasaan yang bersyukur atau justru merasakan perasaan khawatir.

Sementara itu, Apple Watch memiliki kemampuan pelacakan kesehatan mental untuk mengidentifikasi perasaan mereka melalui beberapa aktivitas tertentu. Misalnya, bagaimana kondisi detak jantung saat pengguna berlibur, apakah perkumpulan keluarga meningkatkan detak jantung, dan pelacakan aktivitas lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini