Kabar Meta Buat Aplikasi Pesaing Twitter Beredar di Dunia Maya, Ini Bocorannya

Yusuf Tirtayasa
Senin 19 Juni 2023, 22:03 WIB
Ilustrasi Twitter (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi Twitter (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Kabar terbaru dari perusahaan teknologi Meta tentunya membuat orang penasaran. Karena, belakangan beredar isu bahwa perusahaan tersebut sedang mengembangkan aplikasi pesaing Twitter. Ini nantinya akan dibawah naungan Instagram.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti kapan akan diluncurkannya aplikasi ini. Namun, sebuah tangkapan layar dari aplikasi buatan Meta tersebut telah beredar di dunia maya.

Secara internal, Meta mengakui aplikasi baru ini memang akan hadir sebagai pesaing platform media sosial milik Elon Musk, yakni Twitter. Mengutip dari The Verge, Jumat (9/6/2023), aplikasi ini masih menggunakan nama kode "Project 92". Banyak pihak meyakini nama aplikasi ini bakal berubah menjadi Threads saat diluncurkan secara global.

Baca Juga: Lawan Hoaks, Twitter Perluas Fitur Pengecekan Fakta Berbasis Data Crowdsourced

Dijelaskan, Meta menggunakan sistem login Instagram (juga menyediakan pilihan login Facebook) bagi pengguna yang ingin membuat akun di aplikasi baru tersebut.
Berbeda dari aplikasi media sosial saat ini, Threads--belum nama resminya--dilaporkan akan menggunakan ActivityPub. ActivityPub sendiri adalah sebuah protokol yang memungkinkan aplikasi kompatibilitas dengan postingan medsos lain, seperti Mastodon dan lainnya.

Dari tangkapan layar yang dibagikan Meta secara internal, aplikasi Instagram versi Twitter ini akan fokus pada teks. Mirip dengan IG saat ini, tetapi tanpa foto.
“Kami telah mendengar dari para kreator dan figur publik tertarik untuk memiliki platform yang dijalankan secara wajar, dapat dipercaya dan diandalkan,” kata Meta chief product officer, Chris Cox di sesi meeting perusahaan.

Cox menyebutkan, sejumlah nama pesohor di dunia pun sudah memberikan komitmen mereka untuk menggunakan aplikasi baru buatan Meta tersebut. Adapun nama-nama pesohor itu, antara lain DJ Slime, dan saat ini sedang berdiskusi dengan Oprah dan Dalai Lama.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini