Dirayu Menteri Perindustrian, Daihatsu Pertimbangkan Produksi Mobil Listrik di Dalam Negeri

Yusuf Tirtayasa
Senin 19 Juni 2023, 22:16 WIB
Ilustrasi Mobil Listrik (Sumber : Envato)

Ilustrasi Mobil Listrik (Sumber : Envato)

LABVIRAL.COM - Akhir-akhir ini, peminat mobil listrik rupanya semakin meningkat. Sehingga, banyak produsen yang tertarik untuk menjajal produksi mobil listrik di tanah air, salah satunya adalah Astra Daihatsu Motor (ADM).

Namun, ADM masih mengkaji hal tersebut dikarenakan beberapa alasan. Salah satunya adalah Daihatsu Indonesia tidak mau sembarangan merakit dan memasarkan kendaraan listrik bertenaga baterai didalam negeri.

Mengutip dari beberapa sumber, Direktur Marketing and Planning & Communication ADM, Sri Agung Handayani mengatakan, bahwa saat ini pihak prinsipal, Daihatsu Motor Corp saja belum mengembangkan kendaraan listrik. Daihatsu Jepang baru akan memulai pengembangan mobil listrik tahun depan.

"Masih dalam proses pengkajian. Kalau elektrifikasi kan bukan cuma bikin mobil selesai, tapi pertanggungjawabannya ke customer juga penting. Dalam perawatan, ketersediaan nge-charge dan lain-lain. Pada waktunya akan diberitahu," kata Agung, Kamis (8/6/2023).

Agung juga menjelaskan, studi yang dilakukan Daihatsu termasuk keinginan konsumen mereka. Menurutnya, selama ini sebanyak 70 persen konsumen Daihatsu adalah first buyer atau orang yang baru pertama kali membeli mobil.
Selain itu, Agung mengungkapkan pihaknya bakal mempelajari hal tersebut, apakah konsumen first buyer siap untuk mengadopsi kendaraan listrik.

Baca Juga: Mobil Listrik Wuling Bakal Pakai Baterai Lokal

"Nanti kita lihat, karena kembali lagi kepada Daihatsu itu kan sangat besar di first buyer, apakah first buyer siap dengan kendaraan EV, yang mana yang tepat untuk first buyer. Karena kita 70 persen first buyer, apakah customer di segmen ini sangat siap," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita merayu Daihatsu Motor Corp untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Daihatsu saat ini merupakan produsen mobil terbesar di Tanah Air dan pemasok terbanyak Low Cost Green Car (LCGC), tapi semua unitnya merupakan model Internal Combustion Engine (ICE).
Selain belum memproduksi mobil elektrifikasi di Indonesia, hybrid atau listrik, Daihatsu juga belum menjual satu pun mobil jenis itu.

Dalam pertemuan itu, Agus mengatakan pemerintah Indonesia telah menjalankan program subsidi pembelian motor listrik dan mobil listrik. Syarat pembelian ini adalah kendaraan itu wajib listrik dan memenuhi syarat minimal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini