4 Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

Yowan R
Kamis 22 Juni 2023, 19:19 WIB
pulihkan file atau foto yang terhapus di WhatsApp dengan backup (Sumber : pinterest.com)

pulihkan file atau foto yang terhapus di WhatsApp dengan backup (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menghapus file, baik itu file yang diterima dari orang lain ataupun file yang dikirim ke orang lain.

Fitur untuk menghapus file ini dikenal sebagai “Delete for Me”. Dengan adanya fitur ini, pengguna WhatsApp dapat menghapus foto dan media lain yang sudah tidak penting agar memori penyimpanan internal smartphone tidak penuh.

Nah saat menghapus file baik foto maupun media lainnya, banyak pengguna yang salah menghapus foto penting yang masih dibutuhkan. Saat file tersebut terhapus pasti banyak pengguna yang bingung, apakah file tersebut masih dapat dipulihkan.

File-file yang terhapus baik itu foto atau media lainnya, sebenarnya masih dapat dipulihkan. Penasaran bagaimana cara memulihkan file yang terhapus di WhatsApp? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pulihkan file yang terhapus dari file backup WhatsApp

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto atau file yang terhapus di WhatsApp adalah melalui backup. Pada umumnya file yang terhapus masih tersimpan di Google Drive jika kamu menggunakan smartphone Android dan iCloud jika kamu menggunakan perangkat iOS.

Untuk memulihkan atau mengembalikan file yang terhapus di WhatsApp, pastikan kamu adalah pengguna yang aktif melakukan backup. Jika memenuhi syarat tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cek kapan terakhir kamu backup. Masuklah ke Settings > Chats > Chat Backup.
  • Di sana, akan ada informasi mengenai waktu terakhir backup yang dilakukan WhatsApp. Jika foto yang terhapus berada di kurun waktu tersebut, silahkan uninstall aplikasi.
  • Install kembali aplikasi dan login seperti biasanya.
  • Ketika ada notifikasi untuk restore data melalui backup, iyakan dan klik Next.
  • Setelah proses restore selesai, kemungkinan besar fotomu akan kembali.

2. Pulihkan file yang terhapus melalui folder media WhatsApp di penyimpanan internal

Sering kali, foto atau media lain yang terhapus pada aplikasi masih tersimpan di dalam smartphone. Tepatnya di dalam folder media WhatsApp. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba mencari file tersebut di sana dengan cara berikut.

  • Masuk ke dalam Files kemudian pilih penyimpanan internal smartphone kamu.
  • Setelah itu, klik WhatsApp > Media > WhatsApp Images.
  • Coba cari foto yang kamu hilangkan secara teliti di sana. Jika kamu menemukannya, segera simpan ulang atau salin ke folder yang lebih aman.

3. Pulihkan file terhapus di WhatsApp melalui Google Drive

Berikutnya, kamu juga bisa mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Drive. Namun perlu diingat bahwa cara yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Masuklah ke Google Drive melalui browser atau aplikasi.
  • Masuk ke Trash atau Sampah yang ada di menu bagian kiri.
  • Foto dan media yang pernah kamu hapus dari WhatsApp kemungkinan besar muncul di sana. Sebab Google Drive merupakan tempat backup WhatsApp untuk Android.
  • Pilih file yang kamu inginkan, kemudian pilih Restore atau Pulihkan.

4. Minta file yang terhapus ke pengirim di percakapan WhatsApp

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto atau file yang terhapus di WhatsApp jika ketiga cara diatas tidak dapat ditangani, yaitu meminta foto atau file kembali kepada orang yang mengirimkan foto atau file tersebut.

Karena, kemungkinan besar, file atau foto tersebut masih tersimpan di penyimpanan HP atau setidaknya masih bisa diakses di dalam media WhatsApp mereka.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini