Ini Tanda-tanda HP Anda Kena Spyware

Yusuf Tirtayasa
Minggu 25 Juni 2023, 14:54 WIB
Ilustrasi HP yang terdeteksi disusupi Malware (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi HP yang terdeteksi disusupi Malware (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Kejahatan siber masih harus terus diwaspadai pengguna perangkat elektronik. Karena ini berbahaya bagi Anda yang aktif menggunakan komputer, laptop, hingga ponsel Android.

Terlebih, biasanya penggina ponsel Android sangat rentan disusipo spyware. Adapun, Spyware merupakan aplikasi berbahaya yang dapat mengakses informasi pribadi tanpa sepengetahuan Anda.

Aplikasi spyware biasanya sulit dideteksi dan dimanfaatkan oknum kejahatan untuk mencuri informasi pribadi yang sensitif, seperti nama pengguna, sandi, detail perbankan, hingga nomor kartu kredit dan data lokasi.

Meskipun demikian, pengguna masih bisa terus waspada dan berhati-hati. Bagi Anda yang ingin memastikan ponsel Android Anda aman atau disusupi aplikasi spyware, dapat mendeteksinya dengan ciri-ciri berikut ini:

Baterai ponsel boros dan sering mengecas

Baterai dan data akan terkuras lebih cepat. Ini karena aplikasi spyware biasanya akan berjalan diam-diam di latar belakang. Aplikasi bertujuan agar tetap tersembunyi namun terdeteksi menggunakan banyak baterai dan menguras data ponsel Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Terinfeksi Malware

Munculnya aplikasi yang tidak dikenal

Saat berselancar di ponsel, jika Anda tiba-tiba menemukan aplikasi yang tidak dikenal sebaiknya cek terlebih dahulu informasi detail aplikasi di Google Play Store. Apabila aplikasi tidak jelas dan tidak dikenal, sebaiknya segera uninstal dari ponsel.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini