5 Aplikasi Android yang Bisa Disusupi Malware dan Curi Data Pengguna

Yowan R
Jumat 28 April 2023, 20:48 WIB
Ilustrasi HP yang terdeteksi disusupi Malware (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi HP yang terdeteksi disusupi Malware (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Pengguna HP Android harus lebih hati-hati. Sebab, kini ada beberapa aplikasi Android yang kembali disusupi malware berbahaya dan dapat mencuri data pengguna hingga menyedot pulsa.

Seperti dikutip dari MalwareFox, Jumat, 28 April 2023, setidaknya ada lebih dari 5 aplikasi Android yang menyebabkan malware jenis Harley, Joker, dan Autolycos.

Baca Juga: 5 Ciri Aplikasi Android Berbahaya yang Harus Dihindari, Ada Banyak Keanehan

Sebagai informasi, malware (malicious software) adalah perangkat lunak berbahaya yang digunakan untuk mencuri data, menyebabkan kerusakan hingga merusak perangkat.

Ketiga jenis malware yang menjangkit pada HP Android ini bisa dimanfaatkan para hacker untuk mencuri informasi pengguna, seperti identitas, kata sandi (password), dan data perbankan.

Setiap jenis malware tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing. Untuk Harley, memiliki karakter yang mampu mencuri informasi tentang perangkat pengguna seperti data tentang jaringan seluler. Semua muatan (payload) di Trojan Harly akan dimanfaatkan untuk memecahkan kode dan meluncurkan serangan malware ke perangkat.

Baca Juga: 4 Aplikasi Aneh di Play Store, dari Pendeteksi Hantu sampai Suara Kentut

Joker, malware ini memiliki karakter spyware yang mengumpulkan daftar kontak, pesan SMS, dan detail terkait perangkat yang terjangkit. Spyware ini juga bisa mendaftarkan perangkat ke layanan premium tanpa persetujuan pengguna.

Dan yang terakhir adalah Autolycos yang memiliki karakter mirip dengan Joker. Hanya saja, malware ini memanfaatkan URL di browser yang diakses secara remote (jarak jauh), lalu memasukkan hasilnya ke dalam permintaan (request) HTTP.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini