5 Ciri Aplikasi Android Berbahaya yang Harus Dihindari, Ada Banyak Keanehan

Annisa Fadhilah
Selasa 28 Maret 2023, 08:10 WIB
Ilustrasi Aplikasi Pencuri Data (Sumber : Pinmig)

Ilustrasi Aplikasi Pencuri Data (Sumber : Pinmig)

LABVIRAL.COM - Banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Namun sayang sekali tidak semua aplikasi bersifat aman untuk diunduh maupun digunakan. Banyak aplikasi yang berbahaya hingga dapat mencuri data-data yang ada di handphone. Penting untuk mengenali ciri-ciri aplikasi Android berbahaya.

Bagi pengguna Android dimudahkan untuk menemukan berbagai aplikasi dari Play Store. Namun pelru dicatat, tingkat keamanannya kurang karena berbasis Open Source. Tidak jarang akhirnya banyak aplikasi berbahaya yang berlalu lalang. Bagi pengguna yang ingin mengunduh aplikasi baiknya perhatikan ciri-ciri aplikasi berbahaya.

Mengenali ciri-ciri aplikasi berbahaya ini penting untuk menjaga keamanan handphone dan terhindar dari ancaman kebocoran data. Berikut rangkuman ciri-ciri aplikasi Android berbahaya yang perlu kamu tahu:

Terms dan Condition yang tidak lazim

Ilustrasi aplikasi berbahaya (androidauthority.com)

Sebelum memutuskan menginstal aplikasi, biasanya terdapat pernyataan untuk menyetujui beberapa terms dan condition. Nah, penting untuk menyimak terms dan condition meskipun kesannya agak terlalu panjang.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pencuri Data versi Polisi Siber, Hindari Sekarang Juga

Aplikasi berbahaya memiliki terms dan condition yang tidak lazim seperti meminta memberikan izin sistem untuk mengakses banyak hal seperti kamera handphone hingga mengirim pesan dan panggilan atas nama pengguna. Maka, jika ditemukan hal semacam ini, baiknya urungkan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Tidak ditemukan di layanan penyedia aplikasi legal

Ilustrasi aplikasi tidak ditemukan di Play Store (androidauthority.com)

Bagi pengguna Android biasanya mengunduh aplikasi melalui Play Store, sedangkan pengguna iPhone menggunakan App Store. Aplikasi berbahaya biasanya tidak mendaftarkan diri ke Play Store maupun App Store. Biasanya mereka memiliki laman khusus tersendiri.

Menginstal aplikasi melalui Play Store dan App Store memiliki tingkat keamanan lebih tinggi. Meskipun banyak juga yang memiliki potensi berbahaya. Maka perhatikan terms dan condition tersebut dengan cermat dan teliti.

Diterbitkan oleh developer tidak jelas

Ilustrasi aplikasi dari developer yang tidak jelas (androidauthority.com)

Perhatikan dengan baik developer yang mengembangkan aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. Aplikasi berbahaya biasanya diterbitkan oleh developer yang tidak jelas.

Banyak review buruk

Ilustrasi aplikasi berbahaya (depor.com)
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini