YouTube Uji Coba Game Online 'Playables' di Platform Seluler dan Desktop

Yusuf Tirtayasa
Senin 26 Juni 2023, 19:26 WIB
Ilustrasi aplikasi YouTube. (Sumber : pixabay.com/stocksnap)

Ilustrasi aplikasi YouTube. (Sumber : pixabay.com/stocksnap)

LABVIRAL.COM - YouTube dikabarkan sedang melakukan uji coba untuk menghadirkan produk game online di platform-nya versi seluler dan desktop. Menurut laporan dari Wall Street Journal (WSJ), YouTube mengundang karyawan untuk menguji produk baru yang disebut Playables. 

Produk baru tersebut sedang dipertimbangkan oleh Google sebagai sumber pendapatan baru untuk YouTube.

Selain itu, produk terbaru ini juga memungkinkan pengguna dapat mengakses game online langsung di YouTube. Berdasarkan email internal yang dikutip oleh Journal, game tersebut dapat diakses melalui berbagai perangkat, baik melalui ponsel maupun desktop.

Dikutip dari Engadget, ada beberapa game yang masuk dalam proses uji coba, salah satunya adalah Stack Bounce. Sebuah game arcade yang didukung iklan yang membuat pemain menghancurkan lapisan batu bata dengan bola yang memantul.

Sebagai informasi, YouTube sendiri sudah menghasilkan uang dari streaming langsung game, tetapi produk ini akan memberikannya cara lain untuk menghasilkan pendapatan dari industri di tengah penurunan belanja iklan.

Baca Juga: YouTube Kembangkan Fitur Dubbing Berbasis Teknologi AI, Begini Fungsinya

Meskipun Google gagal mengembangkan layanan streaming game Stadia yang sudah tidak berfungsi dan akhirnya menutupnya, upaya ini sama sekali berbeda. 

Selain itu, YouTube sudah memiliki banyak penonton yang mengunjungi situs ini secara teratur, jadi sepertinya pengguna tidak begitu mempermasalahkan kalau di aplikasi streaming video itu ada game yang bisa dimainkan.

Di sisi lain, Playables mungkin lebih mirip dengan produk game Netflix yang memberi pengguna berbayar akses ke game kasual di ponsel.

Netflix juga memiliki ambisi besar untuk inisiatif game-nya, dan dilaporkan sedang mengerjakan ekspansi yang melampaui perangkat seluler dengan menguji game TV yang menggunakan ponsel sebagai pengontrol.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini