Ketahui 8 Tanda Aki Motor Perlu Segera Diganti

Yusuf Tirtayasa
Selasa 27 Juni 2023, 23:41 WIB
Ilustrasi aki motor. (Sumber : Suzuki)

Ilustrasi aki motor. (Sumber : Suzuki)

LABVIRAL.COM - Aki motor merupakan komponen yang menyediakan daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin motor dan menyimpan energi. Komponen ini biasanya terdiri atas beberapa sel baterai berisi elektrolit dengan terminal positif negatif.

Layaknya, komponen motor lainnya, aki juga harus diganti secara berkala karena memiliki umur pakai terbatas dan seiring berjalannya waktu, aki akan mengalami penurunan performa.

Jika aki tidak diganti ketika sudah waktunya, maka akan membuat mesin motor menjadi sulit menyala dan berbagai komponen yang terkait dengan sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal. Selain masa pakai, ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa aki kendaraan perlu diganti.

Dilansir dari laman Suzuki, berikut ini tanda-tanda perlu segera diganti.

  • Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda yang paling umum bahwa aki perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan. Apalagi setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi ini akan membuat pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Bahkan, terkadang juga mesin motor tidak bisa dihidupkan sama sekali.

  • Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Tanda selanjutnya adalah ketika menekan tombol starter dan tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa aki tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan starter.

  • Cahaya Lampu Motor Meredup

Selanjutnya, coba perhatikan cahaya lampu pada motor kamu. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

  • Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda lain bahwa aki perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Pasalnya, aki yang tidak berfungsi dengan baik, tidak akan dapat menyediakan cukup daya untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

  • Tampilan Speedometer Semakin Redup

Saat ini, hampir setiap motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan speedometer digital. Apabila tampilan speedometer digital meredup atau bahkan mengalami error, bisa jadi penyebabnya karena aki.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini