Wajib! Demi Keamanan Perhatikan Sistem Kelistrikan Mobil Saat Musim Hujan Datang

Aci
Jumat 17 Maret 2023, 21:15 WIB
Ilustrasi: menjaga keamanan sistem kelitrikan mobil saat musim hujan (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi: menjaga keamanan sistem kelitrikan mobil saat musim hujan (Sumber : Pexels.com)

LABVIRAL.COM, Memasuki musim hujan perawatan extra sangat diharuskan untuk kendaraan, demi menjaga performa juga keamanan kendaraan itu sendiri.

Saat musim hujan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ialah sistem kelistrikan kendaraan, karena jika sistem kelistrikan kendaraan rusak atau korsleting maka dapat membahayakan pengemudi maupun penumpang.

Bagian paling awal dari sistem kelistrikan yang perlu diperhatikan bagian lampu, seperti lampu utama yang harus menyala juga posisi lampu yang sesuai. Jangan biarkan lampu kusam hingga cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang atau buram.

Baca Juga: Teknik Mengerem Motor Saat Hujan, Antisipasi Jalanan Licin

Selain lampu ada beberapa sistem kelistrikan yang harus diperhatikan, terutama saat musim hujan datang, berikut penjelasannya:

1. Sistem kelistrikan body

Pada bagian body ada beberapa jenis sistem kelistrikan yang harus diperhatikan, seperti klakson, AC, Power, rem dan Window, termasuk sistem kelistrikan lampu, lampu sein dan lampu utama. Demi keselamatan bagian-bagian tersebut berperan penting dalam keselamatan terutama saat berjalan di cuaca yang ekstrim.

Baca Juga: 6 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan, Silakan Coba Kala Bepergian

2. Sistem kelistrikan mesin

Pada mesin terdapat 3 sistem kelistrikan yaitu, starter, pengapian, dan injeksi BBM. Ketiga sistem kelistrikan tersebut sangat perlu untuk diperhatikan secara khusus, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Sistem kelistrikan fitur

Setiap mobil memiliki fitur keamanannya masing-masing, ada juga sistem kelistrikan yang terkait dengan fitur keamanan dan keselamatan, yaitu hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), immobilizer, dan alarm. Fitur tersebut harus diperhatikan agar dapat berfungsi sebagaimana fungsinya. Terutama saat musim hujan fitur tersebut harus dapat digunakan sesuai fungsinya.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Helm Agar Tetap Wangi Dan Terhindar Dari Jamur saat Musim Hujan

Keselamatan berkendara menjadi tanggung jawab diri sendiri, untuk itu pentingnya menjaga performa dan keadaan kendaraan demi keamanan dan keselamatan diri sendiri, karena jika performa kendaraan baik juga kendaraan dalam keadaan baik dalam situasi seperti musim hujan kendaraan jauh lebih aman digunakan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini