Simulasi Kredit Motor Bekas 2023 dan Manfaatnya

Aci
Senin 24 Juli 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi dealer motor bekas (Sumber : kurniamotor)

Ilustrasi dealer motor bekas (Sumber : kurniamotor)

LABVIRAL.COM - Jika kamu ingin membeli motor bekas dengan cara mencicil atau kredit, kamu perlu untuk mengetahui salah satu hal yang cukup penting yaitu cara pembayaranya atau yang dikenal   simulasi kredit.

Simulasi kredit atau perhitungan bayar penting untuk kamu pahami, agar saat kamu membeli motor bekas dengan cara mencicil atau kredit kamu tidak akan rugi.

Pasalnya jika kamu tidak paham bisa-bisa nanti kamu membayar sama seperti harga motor baru lho! tak sedikit para penjual motor bekas yang mematok harga kendaraan dengan sembarangan, sehingga bisa merugikan pembeli.

Selain hal tersebut, mengetahui simulasi pembayaran kredit pembelian motor bekas juga memiliki beberapa manfaat lainnya untuk kamu.

Nah, berikut ini Labviral.com ajak kamu untuk mengetahui informasi mengenai simulasi kredit motor bekas, yuk disimak artikel berikut ini baik-baik ya!

Baca Juga: Daftar Harga Motor Beat Bekas Terbaru 2023, Jenis Motor Bekas Paling Laris Lho!

Pengertian simulasi kredit motor bekas

Motor merupakan salah satu alternatif kendaraan yang cukup penting untuk dimiliki untuk membantu kebutuhan sehari-hari dalam urusan transportasi.

Tidak melulu motor baru, saat ini motor bekas juga menjadi salah satu pilihan yang pilih sebagian orang untuk mendapatkan harga motor yang lebih murah.

Selain itu, membeli motor bekas juga sama seperti membeli motor baru. Yaitu sama-sama bisa dicicil. Terlebih saat ini, telah banyak penyedia layanan pembiayaan kredit motor yang terpercaya dan terdaftar di OJK, sehingga kamu bisa membeli kendaraan lebih cepat melalui pengajuan pinjaman.

Namun, sebelum mengajukan kredit dan melakukan pembelian motor bekas, sebaiknya kamu harus menghitung simulasinya terlebih dahulu.

Simulasi kredit motor bekas adalah sistem perhitungan untuk mengetahui perkiraan harga kendaraan yang berlaku sementara.

Meskipun tidak selalu sama dengan harga aslinya, melakukan simulasi kredit sebelum membeli motor bekas akan membantu Sobat kamu dalam mengetahui berapa perkiraan biaya yang perlu dipersiapkan.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Bekas Vario Sampai Dengan Harga Barunya 2023

Berikut contoh simulasi kredit:

Yusuf akan membeli motor bekas seharga Rp20 juta dengan metode kredit. Uang muka yang akan dibayar Yusuf adalah senilai Rp5 juta dan sisanya sebesar Rp15 juta akan diangsur selama 2 tahun.

Apabila perkiraan suku bunga kredit yang diberikan oleh pihak perusahaan pinjaman adalah sebesar 1% per bulannya. Maka, bagaimana perhitungan total utangnya?

  • Besaran Bunga = (Nilai utang x Bunga per bulan) x Masa pinjaman
  • Besaran Bunga = (Rp15.000.000 x 1%) x 24
  • Besaran Bunga = Rp3.600.000
  • Total Utang = Sisa utang + Besaran bunga
  • Total Utang = Rp15.000.000 + Rp3.600.000
  • Total Utang = Rp18.600.000
  • Jadi, total utang pembelian motor bekas yang masih dimiliki Yusuf adalah sebesar Rp18.600.000.

Manfaat mengetahui simulasi pembayaran sistem kredit

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa mengetahui simulasi kredit pembelian motor bekas sangatlah penting, karena memiliki beberapa manfaat bagi calon pembeli. Adapun sejumlah manfaat melakukan simulasi kredit motor adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Bekas Murah Rp2 Jutaan, Buruan Cek!

  1. Membandingkan harga jual motor

Alasan pertama pentingnya kamu mengetahui atau memahami apa itu simulasi kredit motor pembelian motor bekas karena dapat membantu kamu untuk bisa membandingkan harga jual kendaraan.

Hal ini bisa dilakukan oleh calon pembeli dengan cara menghitung harga motor bekas dari beberapa dealer dan membandingkannya.  Dengan begitu, calon pembeli bisa membedakan harga kendaraan yang murah dan mahal sebagai pertimbangan dalam pemilihannya.

  1. Memperkirakan budget yang harus disiapkan

Manfaat melakukan simulasi kredit motor bekas berikutnya adalah membantu pembeli untuk bisa memperkirakan budget atau biaya yang perlu disiapkan oleh calon pembeli.

Pada umumnya, seseorang akan melakukan simulasi kredit kendaraan bermotor sejak jauh hari sebelum membelinya.

Dengan begitu, calon pembeli bisa memperkirakan, berapa banyak uang yang perlu dipinjam pada perusahaan pembiayaan kredit motor.

  1. Mencegah risiko penipuan

Manfaat melakukan simulasi kredit motor bekas yang terakhir adalah membantu mencegah risiko penipuan. Sebab, saat ini masih banyak penjual motor bekas yang memasang harga relatif lebih mahal dibandingkan aturan seharusnya.

Maka dari itu, dengan menghitung simulasi kredit motor bekas lebih awal, calon pembeli bisa mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan oleh pihak dealer terkait harga jual kendaraan.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Bekas Murah Rp 4 Jutaan, Lengkap dengan Tips Aman Membelinya

Nah, itu dia Informasi terkait simulasi kredit pembayaran motor bekas 2023. So, apakah kamu sudah paham? Semoga bermanfaat.(**)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini