Bagus Nggak Sih Pasang Per CVT yang Lebih Panjang untuk Motor Matic Harian?

Yowan R
Jumat 17 Maret 2023, 14:05 WIB
Ilustrasi per CVT motor matic (Sumber : shopee)

Ilustrasi per CVT motor matic (Sumber : shopee)

LABVIRAL.COM - Para pemilik sepeda motor matic tentunya harus melakukan perawatan berkala yang berbeda dari motor jenis lainnya. Karena motor matic memerlukan perawatan berkala khusus untuk bagian Continuously Variable Transmission (CVT).

Saat melakukan perawatan pada CVT motor matic pastikan untuk memeriksa seluruh komponennya termasuk per CVT yang memiliki peran penting untuk performa motor.

Bagi yang belum tahu, per CVT motor matic ini terletak pada bagian belakang CVT tepatnya pada pulley belakang yang berfungsi untuk mengatur reduksi atau perbandingan gigi. Karena itu, per CVT ini memiliki peran yang sangat penting pada performa motor.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

Jika komponen ini mengalami kerusakan seperti sudah mulai lemah, otomatis performa motor akan berkurang, tarikan motor menjadi lemot atau tidak responsif. Untuk mengembalikan performa motor yang berkurang tadi mau tidak mau pemilik wajib mengganti per CVT dengan yang baru.

Karena berhubungan dengan performa motor, maka tak jarang para pemilik motor matic ini sengaja mengganti per CVTnya dengan produk aftermarket meskipun belum mengalami kerusakan.

Mereka, beranggapan mengganti per CVT standar dengan per CVT yang memiliki ukuran lebih panjang bisa meningkatkan performa motor mereka.

Baca Juga: Ciri-ciri Mesin Motor Matic yang Minta Skir Klep, Salah Satunya Kompresi Bocor!

Padahal, per CVT yang lebih panjang malah akan menambah beban kerja mesin. Karena, per CVT yang panjang otomatis memiliki ulir yang lebih banyak dan saat mendapatkan tekanan ulir tersebut akan merapat dengan tumpukan yang lebih banyak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini