Ini Sejumlah Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri

Yusuf Tirtayasa
Kamis 03 Agustus 2023, 16:56 WIB
Ilustrasi laptop rusak (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi laptop rusak (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Apakah Anda dalam situasi sedang bekerja dan laptop Anda tiba-tiba mati sendiri? Situasi seperti itu bisa sangat mengganggu karena Anda terus kehilangan pekerjaan. Semakin buruk ketika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan masalah itu.

Ada berbagai alasan mengapa laptop Anda mengalami hal seperti itu. Dilansir dari technewstoday.com, berikut beberapa penyebab paling umum yang membuat laptop tiba-tiba mati:

Penyimpanan Penuh

Saat laptop mati tiba-tiba, coba cek apakah penyimpanan perangkat Anda penuh atau tidak. Ada sedikit kemungkinan laptop Anda terus mati tiba-tiba karena kurangnya penyimpanan. 

Harap hapus file yang tidak diperlukan atau pindahkan file ke perangkat penyimpanan eksternal jika penyimpanan Anda penuh. Anda juga dapat memilih untuk menambah penyimpanan laptop jika memungkinkan.

Baca Juga: Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri? Simak Cara Mengatasinya

Laptop Terlalu Panas 

Salah satu alasan utama laptop mati secara mendadak, terutama saat menggunakan program berat, adalah karena terlalu panas. Laptop memiliki mekanisme fail-safe yang mati dengan sendirinya jika komponen menjadi sedikit panas. 

Jika laptop Anda sangat panas, meskipun Anda dapat mendengar kipas bekerja dengan kecepatan maksimum, Anda dapat memilih untuk membersihkan ventilasi dan kipas untuk memastikan tidak ada yang menghalangi aliran udara.

Namun, jika Anda tidak mendengar atau merasakan kipas sama sekali, disarankan untuk membawanya ke jasa servis dan meminta mereka memperbaiki kipas.

Kerusakan Baterai CMOS

Baterai CMOS adalah bagian penting dari laptop yang bertanggung jawab untuk menyimpan pengaturan BIOS. Jika baterai CMOS Anda mati atau tidak ada, sistem Anda berjalan pada pengaturan default BIOS. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini