Jarang Diketahui dan Diperhatikan, Mari Kenali Fungsi Axle Shaft Berserta Ragam Tipenya dalam Mobil

Annisa Fadhilah
Minggu 13 Agustus 2023, 12:31 WIB
Jarang Diketahui dan Diperhatikan, Mari Kenali Fungsi Axle Shaft Berserta Ragam Tipenya dalam Mobil (Sumber : amazon.com)

Jarang Diketahui dan Diperhatikan, Mari Kenali Fungsi Axle Shaft Berserta Ragam Tipenya dalam Mobil (Sumber : amazon.com)

LABVIRAL.COM - Axle shaft atau poros axle adalah poros kuat yang bersifat lentur sebagai penopang beban kendaraan serta meneruskan putaran setir langsung ke roda. Lalu, apa fungsi lengkap axle shaft atau poros axle serta ragam jenis axle shaft atau poros axle?

Diketahui, letak axle shaft atau poros axle berada dibawah kendaraan sehingga jarang para pemilik kendaraan mengeceknya. Karena memang axle shaft atau poros axle tidak butuh dirawat.

Jika terjadi kerusakan pada axle shaft atau poros axle, maka solusinya adalah menggantinya dengan yang baru. Yuk kenali dulu fungsi axle shaft atau poros axle terlebih dahulu, baru ke ragam jenis jenis axle shaft.

Baca Juga: Faktor-faktor yang Menyebabkan Sepeda Motor Boros Bensin

Fungsi Axle Shaft

Setiap komponen mobil pasti memiliki fungsinya masing-masing. Axle shaft atau poros axle ini menjalankan fungsi utama sebagai penopang beban kendaraan.

Selain itu, axle shaft atau poros axle juga akan meneruskan putaran ke bagian roda mobil.

Melihat fungsi dari axle shaft atau poros axle ini, maka bisa dikatakan bahwa alat tersebut memegang peran penting. Meski tidak perlu dirawat secara detail seperti komponen mesin mobil lainnya, namun alat ini tetap harus dijaga dengan baik.

Apabila terjadi kerusakan pada axle shaft atau poros axle, maka tidak ada solusi memperbaiki selain menggantinya.

Axle shaft bisa mengalami kerusakan karena berbagai faktor penyebab. Paling banyak terjadi karena bengkok dan patah. Biasanya, kondisi ini muncul saat axle shaft atau poros axle menopang beban yang terlalu berat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini