Daftar Skutik Honda yang Menggunakan Rangka eSAF yang Belakangan ini Viral Disebut Ringkih

Yowan R
Sabtu 19 Agustus 2023, 21:10 WIB
Ilustrasi rangka eSAF Honda (Sumber : hondacommunity.net)

Ilustrasi rangka eSAF Honda (Sumber : hondacommunity.net)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini, kontruksi rangka pada skutik Honda tengah menjadi sorotan setelah viral, tak sedikit skutik Honda yang rangkanya mengalami patah karena terlalu mudah karatan, dan keropos.

Berdasarkan anggapan dari warganet, rangka skutik Honda tersebut adalah rangka skutik keluaran terbaru Honda yang bernama rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Rangka eSAF ini pertama kali mulai digunakan oleh Honda untuk Skutik mereka di tahun 2019. Skutik pertama Honda yang dibekali dengan rangka eSAF adalah Honda Genio dan berlanjut hingga saat ini.

Pada awal implementasinya, rangka eSAF ini hadir berdasarkan penyesuaian pasar dan kebutuhan. Hingga sekarang setidak sudah ada empat model skutik keluaran Honda yang mengadopsi rangka eSAF, model tersebut antara lain Honda Genio seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Honda BeAT, Honda Scoopy, serta Honda Vario.

Dalam proses pembuatannya, rangka eSAF Honda ini berbeda dengan rangka sepeda motor jenis lain yang umumnya menggunakan pipa besi. Rangka eSAF Honda dibuat menggunakan lembaran plat baja yang di-press dan di las. Sementara itu, rangka sepeda motor jenis lain, biasanya dibuat menggunakan pipa yang dipotong.

Rangka eSAF juga memiliki perbedaan lain dari rangka sepeda motor jenis lain, yaitu pada proses pengelasannya. Rangka eSAF tidak di las seperti pada umumnya, melainkan disatukan menggunakan alat laser yang diklaim mampu meminimalisir deformasi.ak

Ada enam bagian sisi frame yang disatukan menjadi rangka eSAF menggunakan pengelasan laser welding yang diklaim menghasilkan kualitas yang lebih baik, tidak mempengaruhi komposisi frame dan deformasi hampir tidak ada sama sekali.

AHM mengklaim jika rangka eSAF buatan mereka ini lebih ringan 8 persen dibandingkan dengan rangka skutik Honda lain yang sebelumnya. Hal ini terjadi karena penggunaan metode penyatuan dan penggunaan materialnya.

Efek yang didapatkan pengendara berkat penggunaan rangka eSAF pada skutik Honda adalah lebih nyaman dan mudah digunakan untuk bermanuver karena lebih ringan. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga otomatis menjadi lebih irit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini