Ciri Mesin Mobil Bekas Masih Oke Sehat Walafiat, Cek Dahulu Sebelum Menyesal Membeli

Aci
Senin 28 Agustus 2023, 17:43 WIB
Ilustrasi Mesin Mobil (Sumber : Auto2000)

Ilustrasi Mesin Mobil (Sumber : Auto2000)

LABVIRAL.COM - Membeli mobil bekas memang menjadi alternatif yang cukup baik. Sebab harga mobil bekas lebih murah dan bersahabat, bahkan dapat menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Meski demikian, ketika hendak membeli mobil bekas kamu harus memperhatikan kesehatan mesin maupun body-nya.

Mengetahui kondisi body apakah baik atau tidak mungkin bisa menggunakan mata sebagai alat pengecekan yang utama, lalu bagaimana dengan mesin?

Berikut ini Labviral.com, rangkumkan tanda-tanda mesin mobil yang masih dalam kondisi baik walaupun mobil dalam keadaan bekas. Yuk disimak!

Baca Juga: Balik Nama Saat Beli Mobil Bekas Beda Kota, Pajaknya Gimana?

Suara mesin halus

Untuk mengetahui kondisi mesin salah satu caranya adalah mendengarkan suara mesin saat pertama kali dinyalakan. Jika saat mobil dinyalakan tidak ada suara seperti gesekan logam, itu tandanya mesin masih dalam kondisi oke. 

Perhatikan getaran mesin

Saat mesin mobil dinyalakan, kamu juga dapat memperhatikan getaran mesin, apakah getaran yang dihasilkan oleh mesin tidak berlebihan. Getaran yang wajar memiliki tanda seirama pada saat mesin dinyalakan. Hal tersebut menunjukkan jika engine mounting dan juga sistem kelistrikan mobil dalam keadaan lancar dan tidak tersendat.

Baca Juga: Tips Menjaga Nilai Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi, Termasuk Jangan Modifikasi Mobil Terlalu Lebay

Perhatikan asap knalpot

Asap mobil yang keluar dari knalpot merupakan hasil dari pembakaran mesin, perhatikan asap tersebut, jika asap yang keluar tidak berwarna hal tersebut menandakan mesin masih dalam kondisi baik.

Tidak ada kebocoran cairan

Untuk mengetahui kondisi mesin, juga dapat memperhatikan apakah saat setelah beberapa saat mesin dinyalakan apakah terdapat rembesan cairan, seperti oli atau bahan bakar, jika tidak ada artinya mesin masih dalam kendaraan oke, pemasangan bagian-bagian tertentu dilakukan dengan benar, sebaliknya jika terdapat rembesan hal tersebut menandakan mesin bermasalah.

Baca Juga: Perlu Dibaca Sebelum Jual Mobil, Ini 10 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas

Kepala silinder lurus

Untuk mengetahui kondisi mesin pastikan kamu melihat kondisi kepala silinder, di mana jika kondisi yang baik silinder akan berbentuk lurus karena jika lurus menandakan tidak adanya kebocoran antara oli ataupun air.

Lampu indikator mati

Pada bagian mesin terdapat beberapa lampu indikator, jika mesin dinyalakan lampu indikator tetap dalam keadaan mati, makan mesin mobil tidak ada yang bermasalah tetapi jika salah satu lampu indikator menyala, hal tersebut menandakan adanya masalah.

Aroma mesin

Pernah kamu merasakan aroma yang dapat mengganggu penciumanmu saat menyalakan mobil, hal tersebut menandakan adanya masalah pada mesin mobil yang kamu miliki, mesin mobil yang bagus tidak akan mengeluarkan aroma berlebihan.

Baca Juga: Tips Bermanfaat Membeli Mobil Bekas, Jangan Langsung Hidupin Mesin

Perhatikan proses perpindahan gigi

Saat kamu membeli mobil bekas, untuk mengetahui kondisi mesin jangan lupa untuk melakukan test drive, saat melakukan test drive perhatikan proses saat kamu melakukan perpindahan gigi. Jika proses perpindahan gigi terjadi dengan lambat hal tersebut menandakan mesin mungkin bermasalah.

AC cepat dingin

Saat mobil dinyalakan perhatikan fungsi AC apakah AC cepat dingin dengan kedinginan yang stabil, jika saat mesin dinyalakan dan AC dinyalakan dapat mendinginkan ruangan dengan cepat hal tersebut juga menandakan mesin masih dalam keadaan ok.

Nah sobat viral itu dia beberapa tanda atau ciri mesin mobil yang masih baik atau sehat wal afiat. Semoga bermanfaat ya.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini