4 Cara Simpel Merawat Tombol Elektrik Stater Motor Matic, Biar Gak Bolak-balik Bengkel Melulu

Annisa Fadhilah
Rabu 06 September 2023, 21:34 WIB
4 Cara Simpel Merawat Tombol Elektrik Stater Motor Matic, Biar Gak Bolak-balik Bengkel Melulu  (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

4 Cara Simpel Merawat Tombol Elektrik Stater Motor Matic, Biar Gak Bolak-balik Bengkel Melulu (FOTO: Youtube.com/Pratama Dana)

LABVIRAL.COM - Tombol elektrik starter adalah fitur yang sangat membantu saat ingin menyalakan mesin sepeda motor dengan mudah, terutama pada motor matic.

Penggunanan elektrik stater lebih praktis daripada harus menghidupkan mesin secara manual dengan kick starter, terutama jika motor kamu sudah tidak dilengkapi kick starter.

Namun bagi motor matic modern yang tidak lagi dilengkapi kick starter, tombol electrik starter yang bermasalah dapat menjadi masalah besar.

Baca Juga: Kisah Bus Damri Perintis di Mentawai, Layani Rute Sepanjang 45 Km

Ini karena opsi utama untuk menyalakan motor adalah dengan menggunakan tombol electrik starter. Jika tombol elektrik starter mengalami masalah, kamu mungkin harus mendorong motor ke bengkel terdekat.

Untuk menghindari situasi seperti ini, ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk merawat electrik starter pada motor matic kamu. Berikut Labviral.com berikan cara-cara tersebut:

Bersihkan bagian-bagian elektrik starter secara Rutin

Membersihkan komponen motor secara teratur memiliki banyak manfaat, termasuk merawat tombol elektrik starter agar selalu berfungsi dengan baik. Salah satu langkah yang penting adalah membersihkan bagian konektor rangkaian starter motor yang biasanya terkena kotoran atau kerak.

Kamu dapat melepas soket berwarna merah yang terhubung ke tombol starter dan membersihkannya dengan cairan penetran.

Selain itu, bersihkan tombol starter itu sendiri yang mungkin terkena kerak akibat penggunaan yang lama. Kamu dapat membuka dudukan tombol starter dengan obeng plus dan menggunakan amplas halus untuk membersihkan konektornya.

Periksa switch tuas rem

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini