Daftar 14 SPBU Pertamina Penyedia Uji Emisi Kendaraan Gratis, Lengkap dengan Syarat dan Ketentuannya

Annisa Fadhilah
Rabu 06 September 2023, 15:30 WIB
Daftar 14 SPBU Pertamina Penyedia Uji Emisi Kendaraan Gratis, Lengkap dengan Syarat dan Ketentuannya (FOTO: Instagram/patraniagarjbt)

Daftar 14 SPBU Pertamina Penyedia Uji Emisi Kendaraan Gratis, Lengkap dengan Syarat dan Ketentuannya (FOTO: Instagram/patraniagarjbt)

LABVIRAL.COM - Polda Metro Jaya mulai menerapkan sanksi tilang terhadap kendaraan bermotor yang tidak mematuhi dan tidak berhasil dalam uji emisi sejak Jumat, 1 September 2023 kemarin.

Penerapan tilang uji emisi ini mengacu pada peraturan dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yaitu Pasal 285 dan 286.

Kamu yang melanggar peraturan tersebut akan dikenai denda sejumlah Rp250 ribu untuk kendaraan roda dua (sepeda motor) dan Rp500 ribu untuk kendaraan roda empat (mobil).

Baca Juga: Tilang Uji Emisi Mulai Berlaku, Begini Cara Agar Motor Lolos dari Tilang Uji Emisi!

Agar terhindar dari potensi sanksi tilang uji emisi gas ini, sebaiknya kamu harus mengetahui tingkat emisi gas dari kendaraanmu di SPBU Pertamina, yang menawarkan layanan tersebut secara gratis.

Adapun ambang batas emisi gas yang harus dicapai untuk lulus uji emisi ini, sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Untuk sepeda motor 2-tak yang diproduksi sebelum tahun 2010, ambang batasnya adalah CO di bawah 4,5 persen dan HC 12.000 ppm. Sedangkan untuk sepeda motor 4-tak yang diproduksi sebelum tahun 2010, ambang batasnya adalah CO maksimal 5,5 persen dan HC 2.400 ppm.

Baca Juga: Cara Mendaftar Uji Emisi Gratis di DKI Jakarta

Pertamina diketahui menyelenggarakan uji emisi secara gratis di 14 SPBU yang berlokasi di Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Kegiatan uji emisi gratis ini akan berlangsung selama empat hari pada bulan September 2023, yaitu pada tanggal 4, 9, 10, dan 17 September 2023.

14 SPBU Jakarta, Bogor dan Tangerang yang menyediakan uji emisi gas gratis:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini