Tips Ampuh Bikin Rem ABS Sepeda Motor Bekerja dengan Maksimal

Yowan R
Rabu 13 September 2023, 17:34 WIB
Ilustrasi rem ABS sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

Ilustrasi rem ABS sepeda motor (Sumber : bukalapak.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor keluaran terbaru saat, banyak yang sudah dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), seperti yang digunakan pada All New Yamaha NMAX 155 Connected ABS, Honda Vario 160 ABS, Honda PCX 160 ABS, dan masih banyak lagi.

Sistem ABS ini berfungsi untuk mencegah ban motor mengunci saat tuas rem ditarik secara mendadak, sehingga motor tidak tergelincir atau jatuh.

Meskipun fitur ini tergolong sebagai fitur yang canggih, namun fitur ABS juga perlu mendapatkan perawatan secara rutin agar dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, bagi kamu para pemilik sepeda motor yang sudah menggunakan fitur ABS dan belum tahu bagaimana cara merawatnya, kamu bisa ikuti tips selengkapnya dari Labviral.com berikut ini.

1. Periksa kondisi kanvas rem

Sama seperti rem jenis cakram lainnya, rem ABS juga membutuhkan kanvas rem untuk menjepit piringan cakram pada saat tuas rem ditekan oleh pengendara. Jika kanvas rem tipis, otomatis daya cengkramnya juga akan berkurang dan rem tidak akan teras pakem.

Karena itu wajib selalu mengecek dan membersihkan kampas rem secara rutin. Jika kampas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Periksa kondisi minyak rem

Selain memeriksa kanvas rem, kamu juga perlu memeriksa kondisi minyak rem agar tetap sesuai dengan standar, tidak melebihi atau kurang dari batas yang tertera pada tangki tersebut.

Agar minyak rem tetap sesuai dengan standar, sebaiknya lakukan pemeriksaan atau melakukan penggantian minyak rem setiap 20 ribu kilometer atau setiap satu atau dua tahun sekali sesuai dengan penggunaan sepeda motor.

3. Rajin membersihkan kaliper rem

Saat penggunaannya wajar, komponen dari rem cakram, seperti kaliper rem dan piringan cakram bisa dipastikan jarang mengalami kerusakan. Tapi, kedua komponen tersebut tetap harus dirawat dan dibersihkan.

Komponen rem yang sering dibersihkan dari debu, minyak dan kotoran mampu menjaga performa fitur ABS motor tetap maksimal.

4. Perhatikan indikator ABS di panel instrumen

Di beberapa sepeda motor yang telah menggunakan fitur ABS, memiliki lampu indikator ABS di bagian panel instrumen atau speedometernya, seperti pada motor pada All New Yamaha NMAX 155 Connected ABS, Honda Vario 160 ABS dan Honda PCX 160 ABS.

Jika lampu indikator tersebut menyala saat motor dikendarai, berarti ada malfungsi atau permasalah pada sistem ABSnya. Saat hal ini terjadi, sebaiknya kamu segera membawa motor ke bengkel langganan untuk dicek lebih lanjut.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini