Inilah Keunggulan dan Kekurangan Rem Cakram pada Motormu

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 22 April 2023, 13:00 WIB
Inilah Keunggulan dan Kekurangan Rem Cakram pada Motormu (FOTO: wahanahonda.com)

Inilah Keunggulan dan Kekurangan Rem Cakram pada Motormu (FOTO: wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Rem cakram adalah salah satu jenis sistem pengereman yang digunakan hampir semua jenis kendaraan. Baik itu mobil atau motor, mengandalkan sistem pengereman ini karena lebih stabil. Pada prinsipnya, minyak rem yang berupa fluida akan menciptakan daya tekan sehingga sistem rem akan bekerja.

Pada kendaraan bermotor, biasanya terdapat dua jenis rem yang berbeda yakni rem cakram pada bagian depan dan rem tromol di belakang. Namun sebelum melangkah lebih jauh, berikut ini labviral.com akan memberitahukan kamu keunggulan dan kekurangan rem cakram.

Baca Juga: Motormu Pakai Rem Cakram? Ketahui Cara Kerjanya

Keunggulan rem cakram

Rem ini merupakan sebuah perangkat pengereman yang telah banyak digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan. Caliper yang berfungsi untuk menjepit cakram yang digerakkan oleh piston.

Pada beberapa jenis kendaraan, terdapat rem cakram ini, seperti sepeda motor, kereta api dan sepeda. Pada mobil balap, bahan rem yang digunakan berasal dari keramik agar tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman. Sehingga akan lebih aman saat digunakan.

Kelebihan rem cakram adalah pengereman dapat terjadi secara maksimal karena daya yang dihasilkan bisa mencapai 100% dan seluruh pad bergesekan langsung. Keunggulan lainnya adalah sistem pengeremannya terbuka dan dibuat berongga, sehingga proses pendinginan lebih baik dari lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Rem Cakram Motor di Musim Hujan, Antisipasi Jalan Licin

Kekurangan rem cakram

Rem cakram juga mempunyai kekurangan. Kekurangannya antara lain adalah seringkali kaliper pada rem ini dipenuhi kotoran yang kemudian dapat mengeras. Ini membuat cakramnya dapat tergores. Hal ini karena rem cakram pada kendaraan menganut sistem terbuka.

Selanjutnya, kekurangan yang lain pada kendaraan dengan sistem rem cakram adalah pada ongkos produksinya yang terbilang lebih mahal. Ongkos yang lebih mahal pasti memerlukan pengeluaran yang besar pula dalam perawatannya. Ini dimaksudkan agar rem dapat tetap berfungsi dengan baik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini