Kenali Etika Membunyikan Klakson Mobil, Jangan Gak Asal Pencet

Annisa Fadhilah
Senin 18 September 2023, 12:52 WIB
Kenali Etika Membunyikan Klakson Mobil, Jangan Gak Asal Pencet (FOTO: astraimageresizer.azureedge.net)

Kenali Etika Membunyikan Klakson Mobil, Jangan Gak Asal Pencet (FOTO: astraimageresizer.azureedge.net)

LABVIRAL.COM -Setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Namun selain dari itu, kamu juga perlu memahami dan menerapkan etika yang benar ketika berada di jalanan, termasuk dalam penggunaan klakson.

Klakson adalah salah satu perangkat wajib yang harus ada pada setiap kendaraan bermotor, sesuai dengan peraturan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan.

Fungsi klakson adalah untuk memungkinkan komunikasi antara pengendara kendaraan dengan lingkungannya, termasuk pengemudi lain, pejalan kaki dan pihak lain, melalui isyarat berupa suara.

Baca Juga: Cek Tips Modifikasi Yamaha NMAX Sebelum Dibawa Ke Mekanik, Agar Sesuai Kebutuhan Kamu

Namun, penggunaan klakson harus dilakukan dengan penuh pertimbangan karena suaranya cukup lantang. Apabila digunakan secara sembarangan, dapat menimbulkan berbagai dampak yang tidak diinginkan, termasuk pencemaran suara yang mengganggu.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, suara klakson pada setiap kendaraan harus terdengar dalam jarak 60 meter dengan tingkat kebisingan antara 83 hingga 118 desibel (dB). Untuk diketahui, manusia biasa dapat mendengar suara dengan tingkat kebisingan di bawah 80 dB.

Adapun terdapat beberapa etika penting dalam penggunaan klakson yang harus diterapkan oleh semua pengguna kendaraan selama berada di jalan. Berikut Labviral.com berikan panduan beberapa etika tersebut:

Hindari membunyikan klakson saat macet

Meskipun kemacetan lalu lintas dapat menjadi pengalaman yang menyebalkan, membunyikan klakson secara berulang-ulang di tengah-tengah kemacetan bukanlah solusi yang tepat.

Baca Juga: Cek Tips Modifikasi Yamaha NMAX Sebelum Dibawa Ke Mekanik, Agar Sesuai Kebutuhan Kamu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini